Tanda Orang Bahagia Menurut Sains, Punya 5 Hal Ini

Tim Beautynesia - wolipop Kamis, 19 Agu 2021 21:00 WIB
Freelance business women casual wear using tablet working call video conference with customer in workplace in living room at home. Happy young Asian girl relax sitting on desk do job in internet. Tanda orang bahagia. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tirachard
Jakarta -

Apakah kamu termasuk orang yang punya hidup bahagia? Simak lima tanda orang bahagia menurut sains berikut ini.

Pada dasarnya, arti bahagia pada setiap orang akan berbeda. Fakta menariknya, dikutip dari PsychCentral, Survei Harris Poll of American Happiness tahun 2017 saat ditanyakan 'apa kamu bahagia', hanya 33 persen orang yang akan menjawab 'ya'. Tentu ada banyak alasan yang mendasari jawaban tersebut.

Sementara itu penelitian baru terkait bagaimana kebahagiaan dapat bervariasi antara individu juga turut dilakukan. Studi yang dilakukan psikolog Jessie Sun, Scott Barry Kaufman dan Luke D. Smillie menemukan bahwa ada beberapa sikap yang berkorelasi kuat dengan kesejahteraan yang lebih baik.

Apabila diartikan dalam kalimat yang sederhana, hasil penelitian tersebut telah memberitahu bahwa ada 5 tanda orang bahagia menurut sains.

Berikut lima tanda orang bahagia:

1. Antusias

Tanda orang bahagia menurut sains yang pertama adalah antusiasme. Hal tersebut tercermin dari sikap yang ramah, ekspresif, suka tertawa dan bersenang-senang.

Selain itu, orang yang bahagia juga cenderung memiliki emosi yang lebih positif, penerimaan diri dan tujuan hidup yang jelas,. Sebagaimana dikutip dari PsychCentral, orang-orang dengan antusiasme tinggi memiliki kepuasan hidup yang lebih tinggi dan hubungan yang lebih kuat.

2. Stabil Secara Emosional

Tanda orang bahagia selanjutnya adalah lebih stabil secara emosional. Hal ini ditandai dengan cara yang lebih bijak dalam menangani setiap persoalan yang datang. Orang yang bahagia memiliki tingkat neurotitisme yang lebih rendah, yang juga berarti bahwa mereka mengalami lebih sedikit kecemasan dan tidak terlalu ambil pusing dengan segala bentuk kekhawatiran.

Pengelolaan emosional yang baik menjadi kunci utama bagi mereka. Dengan begitu, orang-orang bahagia kurang reaktif terhadap stres.

3. Tekun

Sikap yang penuh ketekunan juga menjadi salah satu tanda orang bahagia. Sebagaimana yang dilansir dari PsychCentral, menurut penelitian, orang yang bahagia cenderung berpikir ke depan, merencanakan, bekerja keras dan menindaklanjuti alias tidak hanya terkait dengan pencapaian tinggi tetapi juga perasaan penguasaan dan keterlibatan dalam hidup. Selain itu, dalam menerapkan hal tersebut, mereka yang bahagia juga cenderung lebih berhati-hati.

Apalagi tanda orang bahagia menurut sains? Teruskan membaca dengan KLIK DI SINI.



Simak Video "Selamat! 'Squid Game' Sabet Piala Gotham Awards 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)