Kisah Cinta Wanita dan Pria Bule Viral Takjub Saat Kondangan di Indonesia

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 19 Jul 2021 17:40 WIB
Foto pasangan Tamara dan Robert. Foto pasangan Robert dan Tamara. Foto: Dok. Instagram @tamaranjani.
Jakarta -

Pasangan beda negara ini menjadi viral di media sosial. Berawal dari postingan wanita bernama Tamara yang menampilkan momen saat pasangannya bule Norwegia datang ke acara pernikahan alias kondangan.

Ketika kondangan bersama Tamara, pria bule tersebut terlihat bingung. Sebab di negara asalnya, acara pernikahan hanya dihadiri oleh keluarga inti dan kerabat dekat.

"Culture shock nya bule Norway ke nikahan orang IndonesiašŸ˜…. Ini sebelum COVID-19 ya tahun 2019. Ketika ngajakin bule ke nikahan orang Indonesia. Dia nanya 'ini temen kamu kenal sama semua tamu di sini?' Sementara di Norway nikahan itu paling banyak 100 orang. Dia langsung nervous ngadepin tamu sebanyak itu," tulis akun TikTok @tamaranjani.

Sontak video dari akun TikTok @tamaranjani itu langsung viral. Kisah viralnya KLIK DISINI.

Kisah pasangan beda negara viral di TikTok.Kisah pasangan beda negara viral di TikTok. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @tamaranjani.

Dalam wawancara dengan Wolipop, Tamara menjelaskan jika video tersebut ia rekam pada 2019, sebelum pandemi. Dan saat itu kekasihnya sedang datang ke Jakarta.

"Pas sekali sahabat SMP aku Lintang menikah. Aku jadi salah satu bridesmaidsnya dan teman-temanku bilang ajak Robert aja. Akhirnya aku ajak Robert jadi +1. Baju batiknya pun di beliin mamaku, supaya belajar jadi orang Indonesia ke kondangan pakai batik," kata Tamara kepada Wolipop, Senin (12/7/2021).

Tamara kemudian menceritakan awal mula pertemuannya dengan Robert, bule asal Norwegia. Pada 2019, Tamara dan Robert sama-sama mengambil studi S-2 di Singapura.

"Awal kita satu kelas dan sama-sama ikut golf club. Terus ya Robert mulai deketin aku. Akhirnya setelah lulus, kita melamar kerja di Singapura dan sama-sama keterima tapi di perusahaan yang berbeda," jelasnya.

Foto pasangan Tamara dan Robert.Foto pasangan Tamara dan Robert. Foto: Dok. Instagram @tamaranjani.

Setelah bekerja di perusahaan yang sama, keduanya pun semakin dekat. Mereka resmi pacaran pada 5 Oktober 2019. Wanita 26 tahun itu menuturkan suka dan duka saat menjalin hubungan dengan Robert. Budaya yang berbeda membuat satu sama lain harus saling memahami.

"Indonesia dan Norwegia beda banget, secara Asia - Eropa. Suka dukanya lebih ke menyatukan dua budaya yang berbeda ya," lanjut pengusaha online itu.

Selain budaya, perbedaan bahasa merupakan tantangan yang harus dihadapi Tamara dan Robert. Keduanya kerap terjebak dalam miskomunikasi karena perbedaan bahasa.

"Dan bahasa Inggris bukan our first language. Jadi kadang suka miscommunication di situ. Tapi pada akhirnya bisa kok mengatasinya," ucap Tamara.

Foto pasangan Tamara dan Robert.Foto pasangan Tamara dan Robert. Foto: Dok. Instagram @tamaranjani.

Tamara Mendapatkan Komentar Negatif

Setelah resmi pacaran, Robert datang ke Jakarta menemui keluarga Tamara. Ketika pertama kali di Jakarta, Robert merasa takjub.

"Tanggapannya tentang Indonesia orangnya ramah-ramah, semua serba murah. Makanan yang dia suka adalah rendang, indomie rendang dan sate ayam," tutur Tamara.

Tamara kerap membagikan momen bersama Robert di akun media sosialnya. Namun dia mengaku malah mendapatkan komentar negatif dari warganet.

"Komentar negatif paling sering adalah agama dan budaya. Nggak jauh-jauh yaa. Karena aku dan Robert lebih pilih tidak memberi tahu agama kita, jadi kena hate," imbuhnya.

Ia tidak ingin publik mengetahui hal yang bersifat privasi. "Padahal memang itu pilihan hidup kita, keep it as privacy. Dan budaya keluarga Robert itu kan ada Christmas, dan aku ikut merayakan. Langsung dihujat," terang Tamara.

Ia menjelaskan jika kedua orangtuanya mengajarkan rasa toleransi sejak dini. "Dan itulah cara kami toleransi. Keluarga Robert juga ketika Idul Fitri ikut merayakan dan mengucapkan ke aku juga," sambung Tamara yang merasa gemas.

Foto pasangan Tamara dan Robert.Foto pasangan Tamara dan Robert. Foto: Dok. Instagram @tamaranjani.

Hubungan keduanya saat ini sudah mengantongi restu dari kedua belah orangtua masing-masing. Robert diterima baik oleh keluarga Tamara ketika berada di Jakarta.

"Reaksi orangtua aku welcome banget kok. Mereka open minded karena dengan aku S-2 di luar negeri. Sudah pasti aku bergaul dengan orang dari berbagai negara kan. Jadi udah nggak kaget sih," jelas Tamara.

Begitu juga sebaliknya, Tamara disambut hangat saat bertemu kedua orangtua Robert. Pertemuan dengan orangtua kekasihnya itu meninggalkan kesan mendalam untuknya.

"Yang berkesan adalah waktu ketemu orangtuanya Robert, baik sekali, sangat warm. Sangat welcome aku, padahal orang Norway itu pemalu. Impian semua perempuan kayaknya punya calon mertua yang baik dan keluarga calon yang welcome juga," kenangnya.

Foto pasangan Tamara dan Robert.Foto pasangan Tamara dan Robert. Foto: Dok. Instagram @tamaranjani.

Tips Mendapatkan Pasangan Bule

Kemesraan Tamara dan Robert, membuat ia menerima berbagai pertanyaan dari warganet. Khususnya tips agar bisa mendapatkan pasangan pria bule.

"Tips dapet bule itu sebenarnya nggak ada. Aku bingung juga balasnya karena kan Robert yang dapetin aku ya. Ya mungkin kriteria bule itu lebih perempuan yang mandiri, punya visi dan misi dalam hidup. Perempuan yang suka eksplor hal baru juga. Pastinya bisa bahasa Inggris juga ya, kalau nggak gimana mau berkomunikasi," paparnya panjang lebar seraya tertawa.

Keduanya kini telah bertunangan pada 14 Februari 2021 di Norwegia, tepat di hari ulang tahun Tamara. Namun sekarang mereka terpaksa menjalani LDR karena Robert mendapatkan pekerjaan di Oslo dan Tamara pulang kembali ke Indonesia.

Tamaran dan Robert berencana menikah 2022 di Jakarta atau Bali. Pernikahan akan digelar dengan mengusung konsep adat Jawa saat akad nikah dan resepsi internasional.

"Karena aku orang Jawa jadi ada dua budayanya ada di hari spesial kita. Tunggu COVID-19 mereda dan border untuk WNA dibuka juga untuk sekeluarga dan teman-temannya Robert. Karena mereka juga mau ikut menyaksikan," tutup Tamara dengan ramah.

(gaf/eny)