Liputan Khusus Percintaan Zaman Now

Ini Cara Atasi Trauma Dibohongi Pria Pada Saat PDKT

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 07 Jul 2021 09:42 WIB
Positive young couple sitting at lake shore and making sausages on fire during night camping Foto: Getty Images/iStockphoto/shironosov
Jakarta -

Dalam masa pendekatan alias PDKT, kamu dan calon pasangan biasanya akan berusaha saling mengenal sifat dan karakter masing-masing. Hal itu perlu dilakukan agar tak salah pilih pasangan.

Akan tetapi, dalam menemukan cinta sejati memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Bisa saja saat sudah merasa cocok, ternyata orang mendekati pemberi harapan palsu (PHP) belaka.

Dalam sesi Detikcom x Kelascinta seorang pembaca bernama Dea berbagi kisahnya didekati pria PHP. Wanita asal Bekasi, Jawa Barat itu pun trauma.

"Bagaimana caranya menghilangkan trauma atau takut dibohongi. Karena belakanngan ini saya menjadi trauma dengan lelaki yang cuman janji saja tapi tidak ada aksinya?" tanya Dea.

Positive young couple sitting at lake shore and making sausages on fire during night camping Foto: Getty Images/iStockphoto/shironosov.


Agar kamu bisa mengatasi rasa trauma tersebut, Jet Veetlev CoFounder & Relationship Coach Kelascinta menjawab pertanyaan tersebut. Jet Veetlev menjawab ketika masa PDKT kamu terlalu banyak mempunyai harapan kepada orang tersebut. Untuk itu tak sedikit kasus ditinggalkan dan dibohongi marak terjadi.

"Padahal baru PDKT itu kan sudah mengharapkan kamu akan hidup bahagia. Sering kali juga kita kena kata-kata manis, apalagi sekarang banyak pria yang dengan gampangnya ingin mengajak serius dan menikah," kata Jet Veetlev.

Tak sedikit wanita yang terbuai oleh janji manis. Apalagi dengan janji akan masuk ke dalam hubungan yang lebih serius, tunangan dan menikah.

"Entah kenapa wanita Indonesia begitu dengan kata-kata itu melupakan hal-hal lain dan langsung gampang percaya dan memberikan apapun. Sedangkan pria ini tahu bagaimana caranya memikat lawan jenis. Dia bilang mau serius dan ingin menikah," tegasnya.

Jet Veetlev mengucapkan jika kamu jangan mudah terjebak dengan janji. Jika kamu sedang dekat dengan pria, dia menyarankan sebaiknya dibawa seru dan mengalir saja. Kamu sebaiknya juga punya lebih dari satu alias multi gebetan.

Positive young couple sitting at lake shore and making sausages on fire during night camping Foto: Getty Images/iStockphoto/shironosov.

Konsisten dalam ucapan dan perbuatan adalah kunci utama. Agar kamu tak mudah terjebak dalam perasaan PHP.

"Selagi dia tidak konsisten dengan ucapannya itu kamu anggap angin lalu saja. Konsistensi di dalam pendekatan itu penting banget selama masa pendekatan," tuturnya.

"Contoh dia bilangnya kalau dia adalah pria yang baik atau ramah, sedangkan kalau makan di restoran ada pelayan yang ada kesalahan sedikit, langsung dimarahi atau dibentak," tambah Jet Veetlev.

Jet Veetlev menyebutkan jika ada pria yang suka berbohong dan tidak konsisten lebih baik tinggalkan saja.

"Ketika kamu sudah mempunyai multi gebetan itu, dengan gampang ada pria yang cuman ngomong doang dan jangan terlalu menaruh harapan terlalu banyak.Kalau dia sudah mendapatkan apa yang dia mau, dia akan meninggalkan kamu," pungkasnya.

Positive young couple sitting at lake shore and making sausages on fire during night campingFoto: Getty Images/iStockphoto/shironosov.
(gaf/eny)