Kurang Percaya Diri Ngobrol di Aplikasi Kencan? Yuk Simak Tipsnya

Inkana Putri - wolipop Rabu, 07 Apr 2021 20:14 WIB
dating.com Foto: Dating.com
Jakarta -

Aplikasi kencan online bukan lagi hal yang baru di zaman modern saat ini. Bahkan, aplikasi tersebut kini bisa jadi salah satu alternatif untuk mencari teman baru, rekan bisnis, maupun pasangan buat kamu yang punya keterbatasan waktu karena sibuknya pekerjaan hingga lupa menjalin hubungan sosial dengan orang lain.

Melalui aplikasi kencan, ada yang berhasil mendapatkan kekasih bahkan sampai ke jenjang pernikahan. Namun, tak sedikit pula yang kecewa karena seseorang yang kamu impikan ternyata tak merespon obrolan dengan baik atau tak membalas sama sekali.

Memulai sebuah obrolan di aplikasi kencan online memang bukan suatu hal yang mudah, terutama bagi orang-orang yang tidak terbiasa berbasa-basi. Sebagian wanita juga ada yang merasa bingung dan takut untuk memulai obrolan. Selain itu, mereka juga takut mengatakan hal salah saat pertama kali bertemu dengan pria yang baru dikenalnya lewat aplikasi kencan.

Memberikan kesan pertama yang kurang baik memang sebaiknya perlu dihindari. Mengingat awal yang kurang baik bisa membuat perjalanan selanjutnya jadi tak mulus. Nah, agar obrolan di aplikasi kencan bisa berlanjut ke obrolan yang serius dan menyenangkan, kamu bisa lho ikuti tips dari aplikasi kencan online Dating.com.

Tips ini telah dikembangkan sejak tahun 1993 dan telah mencakup lebih dari 32 negara. Jadi, kamu nggak perlu canggung lagi untuk memulai obrolan di aplikasi online.

1. Gunakan Kalimat Pembuka Menarik

Kunci utama berhasil ngobrol di aplikasi kencan adalah pesan teks pertama atau pick-up line yang diutarakan. Saat membuka percakapan pertama kali, kamu pasti berharap bisa dapat balasan yang baik sehingga percakapan bisa berlanjut hingga saling mengenal.

Memulai obrolan sebaiknya jangan hanya memakai kata "Hai" saja, namun tambahkan beberapa kalimat lagi agar bisa membangun percakapan yang berkesan sejak awal. Saat bermain aplikasi kencan online, kebanyakan orang lebih sering melihat profil picture-nya saja. Padahal, kamu juga perlu pelajari profil calon pasangan di aplikasi online secara keseluruhan sebelum memulai percakapan.

Dengan melihat profilnya, kamu bisa tahu kesukaan dari teman chatting-mu dan menjadikannya bahan memulai dengan obrolan yang lebih menarik seperti, "Hai, kamu suka masak ya?" atau "Hai,kamu suka travelling, sama dong".

2. Usahakan Selalu Bertanya

Kasihan nggak sih kalau teman chatting kamu di Dating.com selalu proaktif dan inisiatif menyapamu, tapi cuma dijawab singkat karena kamu nggak biasa basa-basi? Terkadang, hal seperti ini bisa membuat pembicaraan terhenti lho. Pasalnya, teman chatting-mu bisa merasa kamu tidak peduli kepadanya. Padahal yang terjadi justru sebaliknya,kamu ingin sekali mengenalnya lebih dekat.

Kalau kamu bingung, cobalah bertanya dengan topik yang umum, aman dan nyaman seperti, "Kamu hobi traveling juga ya?" atau "Suka nonton film apa?". Dengan terus bertanya, nantinya akan mengalir pembicaraan menarik untuk calon pasanganmu. Dengan begitu topik yang sederhana pun akan menjadi semakin serius seperti yang kamu inginkan. Namun, ada baiknya untuk menghindari pertanyaan-pertanyaan yang klise dan membosankan.

3. Ngobrol Hobi dan Kegemarannya

Selain baca profil calon pasangan, kamu juga perlu mulai mencari tahu sifat dan karakternya. Kamu bisa mulai dengan membahas tentang hobi, makanan kesukaan, kegiatan di waktu luangnya dan hal menarik lainnya. Dengan terus membahas hobi serta hal-hal yang disuka maka kamu akan semakin mengenal karakter calon pasanganmu.

4. Beri Pujian Sedikit Menggoda

Tunjukkanlah rasa tertarik kamu dengan sebuah pujian ke teman chatting-mu, tapi ingat ya jangan terlalu lebay berlebihan! Kamu bisa memuji pencapaiannya dengan kalimat pujian dan sedikit menggoda seperti, "Wah kamu jago masak yah, pengen makan masakanmu deh" atau "Kamu hebat yah dengan pekerjaanmu, coba bos aku kayak kamu".

Tapi ingat sekali lagi, jangan berlebihan dan menulis kalimat menggoda yang berlebihan. Selama chatting di aplikasi kencan online, kamu juga jangan takut jika teman chatting-mu menunjukkan perilaku yang berlebihan. Uniknya, aplikasi Dating.com memiliki sistem moderasi unik yang bisa menghalau dan tidak mengizinkan perilaku-perilaku yang tidak pantas terjadi ke para membernya.

5. Jaga Intensitas Chatting

Hal penting lainnya adalah tetap jaga chatting/obrolan kamu menyenangkan dan menarik. Hindari juga pembahasan atau pertanyaan yang berulang-ulang. Meskipun demikian, kamu juga jangan terlalu berharap kalau dia akan mengirimkan pesan setiap menit atau membalas chatmu dengan cepat. Pasalnya, bisa saja dia sedang sibuk dengan real life-nya.

Namun, kamu juga jangan terlalu lama membalas chat dan membuat dia menunggu. Jangan karena ingin terlihat terlalu sibuk, kamu justru balas chat keesokan harinya. Hal ini bisa saja membuat mood dan atensi dari teman chatting-mu berkurang. Akhirnya mereka malah akan mencari teman chatting lainnya. Jadi, usahakan untuk membalas tidak lebih dari 6 jam.

6. Hindari Obrolan Terlalu Serius

Saat mengawali chatting di aplikasi kencan online, mulailah dengan percakapan yang ringan dan hinari obrolan serius. Pasalnya, beberapa topik obrolan ada yang sebaiknya dibicarakan secara langsung atau lewat telepon. Jadi, kamu harus pintar memilah topik yang asyik dibicarakan di chat atau disimpan untuk jadi bahan obrolan saat bertemu langsung. Agar chat terkesan santai dan nggak kaku, kamu bisa gunakanlah emoji yang lucu.

7. Berusaha Jujur dan Apa Adanya

Saat sudah menemukan orang yang cocok dan nyaman untuk diajak chatting, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah berbicara jujur. Kamu tidak perlu melebih-lebihkan agar terlihat baik dan menarik di mata lawan bicara. Bicarakanlah apa yang sebenarnya agar saat sudah berjalan ke hubungan yang serius kamu tidak tertipu atau menipu dengan ekspektasi yang terlalu tinggi.

Sudah nggak bingung lagi kan harus menyapa apa saat berkenalan pertama kali? Jadi, jangan ragu-ragu untuk menyapa ya. Kalau memang tak dibalas jangan diambil pusing, masih banyak orang yang bisa kamu temui di aplikasi kencan Dating.com. Aplikasi ini juga sudah bisa diunduh di Play Store untuk Android dan App Store untuk Ios. Intinya, jangan cepat menyerah dan jangan malu-malu ya!

(ncm/ncm)