Liputan Khusus Toxic Relationship

Alasan Hannah Al Rashid Berbagi Kisah Pernah Alami Toxic Relationship

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 23 Feb 2021 15:30 WIB
Hannah Al Rashid menceritakan pengalaman saat mengalami toxic relationship Hannah Al Rashid. Foto: Instagram @hannahalrashid
Jakarta -

Model, aktris dan aktivis Hannah Al Rashid kerap bersuara mengenai masalah kekerasan pada wanita. Baru-baru ini Hannah pun membuat unggahan di akun Twitternya tentang pengalaman pribadinya pernah mengalami toxic relationship.

Wolipop menghubungi Hannah Al Rashid untuk mengetahui alasannya menceritakan pengalamannya tersebut. Ia menuturkan apa yang dilakukannya merupakan bagian dari kampanye Kawan Puan di situs Kitabisa untuk meningkatkan kesadaran soal toxic relationship dan kekerasan dalam hubungan.

"Campaign Kawan Puan sendiri berusaha untuk menggalang dana untuk membantu korban kekerasan lewat LSM di berbagai daerah di Indonesia yang memberi pelayanan kepada korban kekerasan. Layanan bisa bantuan medis, bantuan hukum, menyediakan rumah aman, bantuan therapy dan pemulihan dan lainnya," kata Hannah saat dihubungi Wolipop melalui email belum lama ini.

Hannah mengungkapkan mengapa memilih momen Valentine's Day untuk berbagi cerita mengenai korban kekerasan lewat sebuah video. Hal itu dilakukannya untuk mengingatkan bahwa segala bentuk kekerasan #BukanSayangNamanya dan hubungan yang sehat seharusnya bebas dari tindakan penindasan atau kekerasan.

"Saya juga memutuskan untuk share berbagai data soal issue ini dan cerita pengalaman saya sendiri berada dalam hubungan yang toxic. Dengan harapan orang bisa sadar hubungan toxic seperti apa dan kenapa penting untuk kita menjadi support system untuk korban," ujar wanita yang lahir di London, Inggris itu.

Lewat akun Twitternya @HannahAlrashid, aktris 35 tahun itu menceritakan pengalamannya saat mengalami hubungan yang tidak sehat alias toxic relationship. Saat dihubungi Wolipop terkait cuitannya tersebut, Hannah mengizinkan untuk kisahnya tersebut dikutip.

Dalam cuitannya, aktris yang kerap mengkampanyekan gerakan kesetaraan gender itu menuliskan dia pernah dekat dengan pria yang sebelumnya adalah sahabatnya sendiri. Namun tak lama setelah resmi pacaran, sikap pria tersebut langsung berubah total.

Saat itu Hannah Al Rashid tak menyadari jika dia berada dalam toxic relationship, karena usianya yang masih muda. Hannah mengaku pernah menerima kekerasan verbal dari mantan kekasihnya itu.

Hannah juga mengungkapkan mantan kekasihnya itu kerap cemburu buta pada teman-teman prianya. Sang mantan selalu merebut handphone aktris 35 tahun itu, ketika ada panggilan telepon dan pesan masuk. Pria tersebut akan menjadi sangat marah karena tidak bisa memahami isi percakapan antara Hannah dan teman-temannya.

Hannah Al Rashid menceritakan pengalaman saat mengalami toxic relationshipHannah Al Rashid yang pernah mengalami toxic relationship Foto: Instagram @hannahalrashid

Selain itu Hannah menjelaskan jika mantan kekasihnya itu sangat insecure. Pria tersebut tidak menyukai Hannah tetap berkomunikasi dengan teman-temannya. Hingga dia merasa seperti di kekang dalam penjara. Tak hanya itu saja, mantannya itu juga sangat mengontrol hidup Hannah Al Rashid. Sang aktris pun pernah mengalami kejadian memalukan karena kelakuan mantannya itu. Seperti saat ia sedang audisi sebuah film, mantannya itu meminta temannya untuk mengawasi pergerakannya.

Terjebak dalam toxic relationship selama 9 bulan, Hannah Al Rashid butuh waktu untuk bisa sadar dan memutuskan hubungan dengan mantannya itu. Wanita yang pernah membintangi film Jailangkung itu menyebutkan awalya ia tak tega jika harus putus. Dia kerap merasa bersalah dan pada akhirnya tetap bertahan.

Hannah Al Rashid mengungkapka jika thread pengalamannya berada dalam toxic relationship ini dibuatnya agar bisa membantu wanita lainnya terhindar dari pengalaman tersebut. "Karena saya pernah menjadi korban kekerasan, saya merasa punya tanggung jawab untuk speak up soal issue ini, saya harus sharing supaya issue ini tidak dianggap tabu lagi dan supaya korban lain di luar sana tidak merasa sendiri," kata aktris yang kini sudah bahagia menjadi istri aktor Nino Fernandez itu saat dihubungi Wolipop baru-baru ini.

(gaf/eny)