Liputan Khusus Harta Takhta Cerita

Hadapi Mom Shaming, Ibu Ini Buktikan Bisa Lahiran Normal

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 14 Feb 2021 17:30 WIB
New born baby with his parent Ilustrasi pasangan suami istri dengan bayi. Foto: Getty Images/iStockphoto/mustafagull.
Jakarta -

Istilah mom shaming adalah salah satu perilaku bully yang mempermalukan para ibu. Perilaku tersebut tentu saja akan mempengaruhi psikologis seorang ibu ataupun calon ibu.

Itulah yang dialami oleh Kartika yang berasal dari Bekasi, Jawa Barat. Berbagi cerita dalam program Harta Takhta Cerita, Kartika mengungkapkan kisah mom shaming yang diterimanya.

Dalam memeriahkan hari kasih sayang atau Hari Valentine, Detikcom membuat program Harta Takhta Cerita. Acara ini dibuat untuk kamu yang punya kisah menarik bisa berupa perjuangan cinta, karier atau pun cerita hidup menarik lainnya.

Nantinya, cerita paling menarik dari detikers akan dipilih untuk dibacakan oleh sederet publik figur hingga tokoh kenamaan Indonesia. Buat kamu yang sudah penasaran dan tak sabar ingin ikutan, pastikan kamu simak syarat dan ketentuan KLIK DISINI.

Seperti apa kisah Kartika?

Dear detikers, ini ceritaku nama saya Kartika, asal daerah Bekasi, Jawa Barat. Ini kisah dimana pada saat saya hamil anak pertama banyak orang yang bilang kalau saya tidak bisa lahiran normal.

Sampai temen kantor pun bilang "Ahh lo nggak bakal bisa lahiran normal karena kegendutan." Itu kalimat yang bikin aku nge-down dan kepikiran. Tapi saya selalu didukung sama orang-orang tercinta, alhamdulillah saya bisa lahiran anak pertama dengan normal dan anak sehat.

Selama saya cuti lahiran, saya kadang-kadang masih datang ke kantor untuk menyelesaikan kerjaan sambil bawa anak. Ketika sampai di kantor, teman kantor yang bikin saya down itu kaget kalau saya sudah segar dan tidak sakit sama sekali.

Dia bertanya "Akhirnya lahirannya normal atau caesar?" Saya jawab normal. Betapa kagetnya dia pada saat jawab pertanyaan dia. Akhirnya saya bilang ke teman saya "Aku lahiran normal, aku juga dikasih induksi supaya mules. Makanya mbak jangan ngomong kayak gitu, nggak semua yang gendut lahiran caesar." Dan sekarang saya bahagia atas kehadiran dua jagoanku.

(Kartika - Bekasi, Jawa Barat).

(gaf/eny)