Liputan Khusus Waspada Fakboi Online

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Cari Jodoh via Aplikasi Kencan Online

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 25 Jan 2021 13:30 WIB
Menemukan pasangan lewat aplikasi Ilustrasi wanita yang sedang menggunakan aplikasi kencan online. Foto: Istock.
Jakarta -

Aplikasi kencan online kini banyak dipilih mereka yang jomblo untuk mencari pasangan. Apalagi di masa pandemi ini di mana kita harus membatasi interaksi sosial secara langsung.

Namun sekarang ini marak pemberitaan predator seks berkeliaran mencari korban melalui aplikasi kencan online. Hal ini pun perlu menjadi kewaspadaan kamu para pengguna aplikasi cari jodoh tersebut.

Psikolog Klinis Pingkan Rumondor mengungkapkan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat ingin mencoba menggunakan aplikasi kencan online. Melalui webinar OkCupid Live Virtual Talkshow, Sabtu (23/1/2021) Pingkan menyebutkan apa saja yang harus diperhatikan jika kamu ingin mencoba aplikasi kencan online.

1. Tujuan masuk ke aplikasi kencan online

Buat para newbie, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa tujuan kamu untuk masuk ke aplikasi kencan online tersebut. "Buat mencari apa? Mencari teman baru? Hubungan yang tidak longlast? Atau mencari pasangan hidup long term yang lanjut ke pernikahan," kata Pingkan. Dia menegaskan kamu harus menetapkan tujuan yang ingin dicapai, barulah pilih aplikasi kencan yang cocok untukmu.

2. Mau mencari pasangan yang seperti apa

Bagi kamu yang ingin mencari pasangan yang sesuai, Pingkan menyarankan buatlah kriteria yang lebih spesifik saat mendaftarkan diri di aplikasi kencan online.

"Baik, baiknya seperti apa? Tentukanlah kriteria spesifik yang menjadi indikator dari sifat yang kamu cari. Di awal pasti belum terlihat. Cuman apakah dia mention informasi di profile kamu, saat pertama kali menyapa kamu? Kalau iya, berarti dia menanggapi minat kamu. Orang yang benar-benar care, dia akan menanggapinya," kata Pingkan.

Menemukan pasangan lewat aplikasiIlustrasi wanita yang sedang menggunakan aplikasi kencan online. Foto: Istock.

3. Sortir

Setelah membuat daftar kriteria pasangan yang ingin kamu dapatkan, kamu harus menerapkannya. Dan jika ada pria yang menyapa namun sebenarnya tidak sesuai kriteria jangan langsung kamu tanggapi. Berikan jeda selama satu minggu baru kamu sortir.

"Jangan semuanya kamu tanggapi, karena semakin banyak pilihan secara kognitif kamu akan merasa overload. Dan pikiran akan tidak fokus. Kalau cuma hai doang ngapain? Terus ada yang memuji? Ya tidak usah kamu tanggapi," saran Pingkan yang merupakan dosen psikologi di Universitas Bina Nusantara itu.

4. Kontrol diri sendiri

Kamu bisa mengontrol diri kamu sendiri untuk memilih siapa yang kamu pilih. Pilih calon pasangan di aplikasi kencan online berdasarkan isi percakapan, profile dan informasi yang ada di dalam profile.

5. Jadi diri sendiri

Selain menyortir dan kontrol diri sendiri, kamu juga harus mempunyai standar. "Jika kamu ingin serius mencari pasangan, kamu harus menjadi diri kamu sendiri," pungkas Pingkan.

Menemukan pasangan lewat aplikasiMenemukan pasangan lewat aplikasi. Foto: Istock.

(gaf/eny)