Liputan Khusus

Kisah 3 Wanita Diperdaya Pria Beristri Tapi Ngaku Jomblo Saat Kencan Online

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 23 Jan 2021 15:09 WIB
Menemukan pasangan lewat aplikasi Ilustrasi kencan oline (Foto: Istock)
Jakarta -

Kehadiran media sosial dan aplikasi kencan online kini jadi pilihan kaum jomblo atau single untuk mencari pasangan. Namun mencari kekasih di dunia online ini juga mesti diwaspadai. Apalagi belakangan ini kerap viral kisah-kisah korban fakboi atau predator seks yang mencari mangsa secara online.

Seperti kisah tiga wanita yang menceritakan pengalamannya diperdaya pria beristri yang mereka kenalnya di media sosial. Mereka tertipu oleh para pria yang mengaku jomblo padahal sudah mempunyai pasangan itu.

Kisah Rara

Rara (bukan nama sebenarnya) mengenal seorang pria melalui Twitter. Pria dengan inisial R itu tiba-tiba menjadi pengikutnya di media sosial. Rara pun memutuskan mengikuti balik (follow back) pria tersebut.

Rara yang tinggal di Kalimantan, tak menaruh curiga kepada Rendy. Setelah akrab kerap saling menyapa lewat cuitan di Twitter, keduanya beralih berkomunikasi menggunakan DM (direct message). Mereka pun sering mengobrol alias intens via chat seperti orang yang sudah pasaran.

"Semakin lama aku penasaran dong ya sama dia. Terus aku stalking nggak ada apa-apanya sih di Twitter. Dia biasa biasa aja gitu. Seperti biasa, sering berbalas Inbox di Twitter, nanyain kayak layaknya orang pacaran gitu. Kadang nanya suka nggak jelas terus makin lama makin aneh dong. Yau dah aku nggak lanjutin lagi gitu," kenangnya panjang lebar saat dihubungi Wolipop Sabtu (22/2/2021).

Rara sudah mulai curiga karena sikap R berebihan. Rara kemudian menelusuri media sosial R lainnya. Pada Februari 2020, kebenaran pun terungkap.

"Aku kepo sama akun satunya, yaudah lah ya penasaran gitu, aku buka aja. Nggak ngeh awalnya mukanya dia, eh makin scroll di bawah rupanya bener itu dia ada foto sama istrinya dan ada lagi foto buku nikah dong dipegang sama istrinya itu," kata Rara yang merasa malu.

Kepada Rara, selain mengaku masih single, R juga mengatakan dia anak kuliahan yang sedang skripsi. Nyatanya R sudah beristri. Rara pun tak lagi melanjutkan komunikasi dengan R.

Kisah Mira

Tak jauh berbeda dengan Rara, Mira juga merasakan dikelabui oleh pria hidung belang. Pria itu mengaku jomblo, padahal sudah mempunyai anak dan istri.

Perkenalannya dengan si pria terrjadi ketika Mira pertamakali menjajal salah satu aplikasi kencan online melalui handphone temannya. Saat itu satu ada seoorang pria yang match atau cocok, sebut saja namanya Gerry.

Pria tersebut mengaku jomblo, tinggal di Bandung dan bekerja di sebuah kafe. Setelah merasa cocok satu sama lain, Mira dan Gerry saling bertukar akun Instagram dan mengobrol lewat Direct Message (DM).

"Terus seminggu kemudian kita tukeran WhatsApp. Satu bulan kemudian ada yang DM aku. Ternyata itu istrinya. Dia tanya ke aku, sudah hubungan sama suaminya berapa lama? Aku kaget dong. Gerry itu ngakunya jomblo, aku tanya kembali ke akun itu, dia ternyata istrinya. Ternyata sudah punya istri dan anak," kisah Mira.

Pada akun Instagramnya, Gerry tak pernah mengunggah wajahnya, istri dan anaknya. Unggahan Gerry di Instagram biasanya berupa berbagai ucapan bernuansa Islami. Hal itu yang membuat Mira tidak mengetahui kalau Gerry sudah menikah dan baru saja dikaruniai seorang bayi.

"Aku langsung minta maaf ke istrinya. Aku nggak mengetahui jika Gerry sudah mempunyai anak dan istri. Istrinya baik banget asli, walaupun suaminya sudah selingkuh. Terus sudah kelar, aku WhatsApp Gerry dan dia nggak balas," jelas wanita yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah itu.

Kisah Soraya

Kisah yang terakhir ada dari Soraya, ia berkenalan dengan Erlangga di Instagram. Pada 6 Februari 2021, Soraya tak sengaja menemukan akun humor milik Erlangga yang sedang membuka sesi Q&A. Soraya kemudian menanyakan bagaimana tips move on. Dari sesi tanya jawab itu, obrolan Soraya dan Erlangga berlanjut lewat DM.

"Akun tersebut ngakunya terakhir pacaran sekitar 7-9 tahun yang lalu. Sosoknya baik, pintar, kalem, dan agamis di media sosial. Setelah chatingan lewat Whatsapp dan Telegram, ia bilang kalau jomblo. Hingga pada 22 Desember 2020 kebongkar semuanya. Aku scroll nama dia terus ada tag cewek. Aku pikir saudaranya tahu-tauhnya itu calon istrinya," kenang Soraya.

Sebelumnya pada 16 November 2020, Soraya sempat bertanya ulang kepada Erlangga soal statusnya. Keesokan harinya Soraya menghubungi wanita yang melakukan tag pada akun Instagram Erlangga. Akhirnya diketahui wanita itu adalah calon istri Erlangga. Mereka sudah berpacaran hampir satu tahun. Sejak saat itu, Soraya mundur perlahan dan tak menghubungi Erlangga lagi.

(gaf/eny)