Punya Pacar Posesif? Begini 5 Cara Cerdas Menghadapinya

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 29 Des 2020 17:36 WIB
Couple in love hugging and enjoying at public park in autumn Foto: iStock
Jakarta -

Apakah kamu merasa memiliki pasangan yang posesif? Jika iya, maka tak perlu khawatir karena kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara menghadapi pacar posesif di bawah ini. Walaupun memang, memiliki pasangan posesif tidaklah mudah, kamu harus pintar-pintar menyikapinya.

Pasangan posesif pastinya akan sering mengatur dan mengekang aktivitasmu, sehingga kamu perlu memiliki kesabaran ekstra untuk menghadapinya. Selain itu, pasangan posesif juga bisa cemburu yang berlebihan jika kamu memiliki teman lawan jenis. Seperti dikutip dari Beautynesia.id, berikut ini 5 cara cerdas menghadapi pacar posesif.

Cara Menghadapi Pacar Posesif

1. Bicara Baik-Baik

Segala sesuatu harus dibicarakan baik-baik agar kalian bisa tahu apa keinginan satu sama lain. Jika kalian hanya diam saja walaupun kalian tak nyaman dengan sikapnya, bisa-bisa kalian lambat laun akan semakin emosional karena terus-menerus menahan diri dari berbicara kepada pasangan kalian, Ladies.

Cobalah untuk saling sharing keluhan masing-masing dan bicarakan jika kalian tidak nyaman dan tidak suka dengan sikap posesifnya, serta yakinkan dia kalau kalian setia dan tidak tertarik kepada kepada yang lain.

2. Tetap Tenang

Kalian harus bisa hadapi dengan tenang, santai, jangan emosi dan marah-marah karena hal tersebut tidak akan menyelesaikan permasalahan yang ada. Emosi hanya akan memperkeruh suasana dan tidak bisa membuat sifat posesif pasangan kalian semakin berkurang. Jika sudah seperti ini, pikirkan suatu cara dengan tenang dan buatlah otakmu berpikir. Semua manusia punya kesalahan dan kekurangan, dalam hal ini kita harus mencoba mengubahnya menjadi lebih baik.

3. Beri Ruang untuk Berpikir

Setelah kalian berbicara dengannya, cobalah beri jarak agar dia bisa berpikir. Siapa tahu dia mau memikirkan hal ini dan menyadari kalau sikapnya selama ini sudah berlebihan. Dengan memberi ruang pun bisa menegaskan kalau kalian tidak suka sikapnya yang posesif dan cemburuan tak jelas.

Jika dia mau berubah, berilah dia kesempatan satu kali lagi dan terimalah dia jika kalian masih mempunyai perasaan padanya. Ada kalanya kalian hanya perlu menerima dan biarkan dia ubah sedikit demi sedikit sikapnya yang kurang membuatmu nyaman dan hal itu tidak bisa sekaligus. Perlu waktu dan usaha untuk mengubahnya menjadi lebih baik.

4. Kalian Harus Tegas

Jika pasangan kalian kembali lagi menjadi orang yang posesif, bersikaplah yang tegas dan katakan bahwa kalian tidak menyukai sikapnya yang satu ini. Sikap yang tegas bisa membuat dia cemas dan bahkan bisa membuatnya takut kehilangan kalian. Tegas berbeda dengan emosional, tegas berarti mampu untuk membuat pasangan kalian tahu jika kalian tak menyukai sikapnya dan menginginkan dia berubah bukan emosi tak jelas dan membuat semuanya berantakan.

5. Akhiri Hubungan

Jika memang kalian sudah tidak kuat dan tidak tahan lagi, tidak apa-apa untuk mengakhiri hubungan kalian. Karena memang jika sang kekasih tidak berubah, lama-lama hubungan kalian bisa menjadi toxic relationship. Itu jelas tidak baik untuk kesehatan mental kalian, ladies. Jangan memaksakan sutu hubungan yang memang sudah membuat kalian seperti merasa tersiksa. Love your self, first.

Itulah beberapa cara menghadapi pacar posesif. Semoga dengan mengetahui cara-cara tersebut, hubunganmu dengan pasangan bisa menjadi lebih langgeng. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

(vio/vio)