Pria Viral Ungkap Kisah Calon Istri Kabur Sama Mantan, Netizen Bilang Fake

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 13 Okt 2020 12:02 WIB
Kisah Dayat Rangga SH yang ditinggal menikah oleh calon istrinya Foto: TikTok @dayatranggakyudenqef
Jakarta -

Beredar viral di TikTok pengakuan seorang pria yang batal menikah karena calon istrinya kabur, padahal sudah sampai tahap fitting baju pengantin dan menyebar undangan pernikahan. Pria yang bernama Dayat Rangga SH ini mengunggah kisahnya di akun TikTok miliknya @dayatranggakyudenqef.

"Di saat rencana pernikahanku dan fitting baju sudah 100% Tuhan berencana lain. Tiba-tiba kesokkan harinya calon istriku hilang dan tak ada kabar dan keluarganya juga tidak tahu dia ke mana. Aku bingung dan stres banget dan undangan sudah disebarkan. Dan ternyata dia kabur sama mantannya adalah temanku sendiri juga. Dan mereka pergi keluar kota dan menikah diam-diam. Betapa hancurnya hatiku Tuhan. Rencana Mu lebih hebat dari apa yang aku inginkan, kuatkan hamba Tuhan," tulis akun TikTok (7/10/2020).

Dalam video yang diunggahnya, Dayat memperlihatkan momen dirinya sedang mencoba baju pengantin adat. Dalam video tersebut hanya ada Dayat seorang yang sedang mencoba busana, tak tampak calon mempelai wanitanya ikut fitting kebaya pengantin.

Hingga Senin (12/10/2020) postingan Dayat tersebut sudah ditonton lebih dari 592 ribu kali, mendapat 17 ribu Likes dan 1.818 komentar. Warganet pun ada yang mendoakan dan memberikan semangat untuk Dayat.

Kisah Dayat Rangga SH yang ditinggal menikah oleh calon istrinyaKisah Dayat Rangga SH yang ditinggal menikah oleh calon istrinya Foto: TikTok @dayatranggakyudenqef

"Nggak papa kalo memang belum jodoh apa kuasa kita? Semuanya itu memang sudah takdir dari Allah SWT," tulis akun TikTok @maulafi hasanah.

"Bersyukurlah sama Allah mas, Allah telah menunjukkan dan membongkar sifat aslinya calon istrmu," ucap akun @Hendra Abdillah.

"Sedih banget ya Allah, yang sabar mas yang kuat saya doakan semoga Allah memberikan istri yang sholeha aamiin, yang kuat," ujar akun @Pipih_Latipah.

Namun tak sedikit juga netizen yang menyebut kalau kisah yang diungkapkan Dayat ini palsu. Karena sebelumnya pria tersebut sudah pernah mengunggah video serupa, namun tak disebutkan dalam video itu mengenai kisah sedihnya. Ada netizen yang menyebut kalau video memakai baju pengantin itu sebenarnya dilakukan Dayat untuk pemotretan bukan fitting busana pernikahannya.

""Emang beneran ditinggal nikah?" kata akun @KeySha LoUph muUacht. ""Km model buat photoshoot ya bang?" tanya aku @Avianti Kartika.

@dayatranggakyudenqef

Nyesek bngt😢😭💪##fyp ##fypdongggggggg ##vivoV20FocusOnYou ##warga62 ##fouryou ##nikahgagal ##masukberanda ##pejuangreceh

♬ original sound - MITTY ZASIA

Cerita Dayat Soal Kisahnya yang Viral

Ketika dihubungi oleh Wolipop, Dayat mengaku menyangka jika videonya viral di TikTok. Dia mengaku hanya ingin berbagi kisahnya gagal menikah. Awalnya dia pun merasa takut untuk mengunggah video tersebut karena khawatir dibully.

"Dan pas saya lihat sudah banyak yang komen, Like dan kasih support. Saya upload video itu di TikTok mana tahu calon saya liat dan liat komen begitu banyak yang peduli. Biar calon saya sadar kalau saya itu sangat terluka dan banyak di luar sana yang support saya. Sampai-sampai banyak yang mau berjodoh sama saya," jelasnya saat berbincang dengan Wolipop, Senin (12/10/2020).

Mengenai tuduhan netizen yang menyebut kisahnya palsu alias kebohongan, Dayat menegaskan tuduhan tersebut salah besar. Dia mengakui memang dulu pernah mengunggah video serupa dengan caption berbeda.

"Video itu pas fitting baju dan awalnya saya nggak buat kisah saya yang gagal nikah. Dan belum berani upload kejelasan video itu. Pas saya sudah nggak kuat lagi, saya beranikan diri menguak cerita sebenarnya dan kuat hati membeberkan cerita sebenarnya yang ada di video itu. Video yang kedua yang lengkap ceritanya," paparnya.

Kisah Dayat Rangga SH yang ditinggal menikah oleh calon istrinyaKisah Dayat Rangga SH yang ditinggal menikah oleh calon istrinya Foto: dok. Pribadi

Saat mengunggah video kedua, Dayat mengaku sangat sedih dan masih merasa sesak karena ditinggal calon istri yang menikah dengan mantan. Apalagi setelah videonya viral, banyak saudara dan keluarga yang menghubunginya.

"Sekarang saudara dan keluarga telepon dan DM terus kenapa saya berani ungkap semua di media sosial. Rasanya nyawa saya kayak hilang dan kaya kesamber petir. Saya bukan malu sama saya sendiri, tapi sama keluarga saya juga itu yang saya pikirkan. Sampai detik ini dan bodohnya saya masih harapin dia," ujar pria 34 tahun itu.

Saat ditanya alasannya mengapa mengunggah di TikTok, Dayat mengaku awalnya hanya karena iseng. "Nggak tahu sampai viral dan makin luas ceritanya sampai keluarga dan teman-teman juga kaget. Dan untungnya saya nggak dihujat tapi banyak yang support yang buat say nggak jadi hapus video itu dan teryata di luar sana banyak yang sayang sama saya dan support saya itu yang buat saya semakin kuat," ucapnya.

Mengenai tuduhan netizen yang menyebut kisahnya ditinggal calon istri itu hanya sebuah kebohongan alias palsu, Dayat memilih tak ambil pusing. Menurutnya yang tahu mengenai kisahnya adalah dirinya dan keluarganya.

"Kebenarannya hanya saya dan keluarga yang tahu. Saya anggap semua orang berhak berpendapat apa saja yang penting tidak merugikan mereka dan niat saya nge-share video itu biar orang-orang bisa lebih selektif dan harus lebih kuat dalam hal apa pun itu," kata Dayat.

Mengenai kisah sedihnya, Dayat dan calon istrinya seharusnya akan mengadakan pesta pernikahan di kampung halamannya di Medan, Sumatera Utara pada 17 Agustus 2020. Namun ternyata sang kekasih meninggalkannya dan kembali ke mantan.

"Sampai sekarang juga saya nggak tau mereka dimana dan saya coba datangi keluarganya lagi, mereka juga nggak tahu dimana mereka. Intinya kata Tuhan saya harus mengikhlaskan yang bukan milik saya dan berusaha kuat dan move on buat ke depannya. Walau pun sampai detik ini saya masih nyesek," tutupnya.



Simak Video "Viral #VogueChallenge di Medsos, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)