Liputan Khusus Batal Menikah

Kisah Mereka yang Gagal Menikah dan Berakhir Curhat di Medsos

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 05 Des 2020 13:00 WIB
Bride sitting in a ceremony waiting restaurant. Sitting sad with head and flowers in her hands. Ilustrasi kisah batal menikah. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Menikah merupakan impian bagi setiap pasangan yang ingin melanjutkan ke jenjang lebih serius. Namun tak semua pasangan berhasil mewujudkan impian tersebut. Bahkan mereka yang sudah merencanakan pernikahan sejak lama dan tinggal beberapa hari menuju hari-H, hal yang tidak diinginkan pun bisa terjadi, yaitu batal menikah.

Menariknya kehadiran media sosial kini banyak menguak kisah-kisah orang yang batal menikah ini. Jika dulu batal menikah dianggap sebagai peristiwa memalukan, kini mereka yang mengalami kejadian tersebut justru memilih mengungkapkannya secara terbuka dengan curhat di media sosial. Seperti kisah empat orang yang menceritakan kisah mereka batal menikah di TikTok ini.

Dewi Mukaromah lewat akun TikToknya @dewimkr_, termasuk salah satunya. Pernikahan yang sudah di depan mata harus dibatalkan Dewi. Dalam video yang diunggah ke TikTok, Dewi memperlihatkan momen dirinya sedang fitting gaun. Kemudian ada tangkap layar dukungan teman-temannya lewat pesan WhatsApp saat gaun itu pada akhirnya tak dipakainya karena pernikahannya batal. Sontak video itu langsung viral di TikTok.

"Gak papa gak jadi nikah. Meskipun tinggal 1 minggu lagi. Gapapa semua sudah dipersiapin da undangan siap disebar. Allah baik sama kamu, dikasih petunjuk bahwa dia bukan jodohmu sebelum ijab qabul. Gak usah dengerin kata-kata orang. Mereja gak tau gimana perasaanmu sekarang. Insya Allah atas izin Nya kamu bakal diberi kebahagiaan yang lebih-lebih. Tolong jangan pada tanya kenapa masalahnya, aku cuma butuh support dari kalian semua," tulis Dewi di TikTok.

Kisah Dewi Mukaromah yang menceritakan kisahnya batal menikah, viral di TikTokTangkapan layar Tiktok

Dihubungi Wolipop, Dewi mengungkapkan alasannya kenapa dia mau secara terbuka mengungkapkan kisahnya batal menikah di media sosial. Kata Dewi, dia melakukan itu untuk menenangkan pikirannya.

"Aku posting ya karena awalnya aku nggak tahu lagi harus ngapain saat itu. Akhirnya aku buat kenangan dengan video tersebut. Melihat-lihat komentar di TikTok, 99% isinya dukungan dan menyemangatin buat aku. Jadi ya agak lega baca-bacanya. Jadi agak terbuka jalan pikiranku," kata Dewi saat dihubungi Wolipop, Rabu (2/12/2020).

Seperti Dewi, wanita bernama Erlina Dewi Tanjung Putri juga harus menelan pahit gagal menikah. Dan dia pun tak sungkan mengunggah kisahnya di TikTok.

"Pernah gagal nikah? Iya pernah 2017 aku tunangan. 2018 aku bubar karena pada saat itu faktor orangtua yang mengakibatkan gak kasih untuk ngelanjutin ke jenjang selanjutnya. Banyak pertanyaan aku dan aku jawab insting sudah gak sama-sama lagi. Mungkin ini sudah jalanku dan takdir. Dan intinya saat ini aku tetap jalani kehidupanku. Harapanku gak banyak semoga siapa pun kamu nantinya yang bakal jadi pendampingku bisa terima masalaluku dan hidup bahagia itu saja," tulis Erlina di akun TikTok @erlinadewitan.

Lantas apa alasan Erlinda mengunggah ceritanya gagal menikah di media sosial? Dia mengaku tak ada alasan khusus. Dia hanya ingin mengenang kembali pengalaman pahitnya itu.

Kisah gagal menikah juga dialami pria bernama Angga Yudha Bayu Lesmana. Angga mengungkapkan kisahnya lewat TikTok @bayuanggara2525.

"Ketika semua jadi kenangan. Persiapan lamaran sudah siap.Banyak banget rintangan dan cobaan antara gue dan dia. Di hari ulang tahun gue, inilah terakhir pertemuan anatara gue dan dia. Dan akhirnya dia ninggalin gue, semua persiapan dia batalkan. Yakinlah jodoh, rezeki, maut Allah SWT yang mengatur," tulis Angga di akun TikTok @bayuanggara2525.

Kenapa Angga tak malu mengungkapkan kisah sedihnya gagal menikah di media sosial? Angga mengatakan dia melakukannya karena iseng.

"Waktu itu kan lagi seru-serunya main TikTok. Banyak banget konten senang, joged-joged dan lainnya. Aku memilih untuk mencurahkan hati aku disitu. Awalnya nggak nyangka ternyata banyak banget para TikTokers yang merespon. Iseng doang awalnya biar apakah ada orang yang nasibnya sama seperti aku. Ternyata banyak banget yang komentar," ujar Bayu.

Hal berbeda dikatakan wanita bernama Jaqueline Anggella yang mengunggah pengalaman gagal nikahnya di TikTok. Dengan panjang, dia mengungkapkan perjalanan cintanya dengan sang mantan hingga akhirnya batal menikah

"Awal kita pacaran 080816 kenalnya sudah lama banget dari masa zaman TK kita sudah kenal. Hobi traveling jadi kemana-mana selalu sama dia. Dia baik banget dan beliin aku mobil, biar kalau dia gak jemput bisa sendiri dan mandiri. Dan pada akhirnya dia melamarku, aku seneng banget dengernya waktu itu. Step by step proses lamaran dan hantaran pun berjalan lancar tidak ada kendala apa-apa semua baik-baik saja. Ini acara lamaran aku semua berjalan dengan lancar. Makeup lamaran dan prewedding. Lalu kami prewedding, semua sesuai keinginan akuh. Dan menjadi wanita sangat bahagia dan beruntung pada waktu itu. Dan akhirnya kelar begitu aja hanya dengan wanita lain dalam sekejap. Tuhan punya rencana lain dan semua indah pada waktunya," curhatnya panjang lebar di akun TikToknya.

Jaqueline menyebutkan alasannya untuk mengunggah kisahnya di TikTok dengan tujuan agar dilihat keluarga mantanya. "Alasanku, supaya dilihat dari salah satu keluarganya, atau dia sendiri karena dia nggak begitu aktif di medsos. Seenggaknya teman saudarnya ada yang lihat dan kasih tau ke dia gitu," ujarnya kepada Wolipop.

Bagaimana kisah sedih mereka yang batal menikah ini? Simak selengkapnya dalam Liputan Khusus Wolipop: Batal Menikah.



Simak Video "Subuh Merias Pengantin, Pagi Pergi Ujian di Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)