5 Cara Mengatasi Perselingkuhan dengan Bijak, Jangan Sampai Salah Langkah!

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 20 Nov 2020 05:30 WIB
Ilustrasi pasangan bertengkar Ilustrasi Pasangan / Foto: Getty Images/PixelsEffect
Jakarta -

Cara mengatasi perselingkuhan dengan bijaksana sangat diperlukan agar permasalahan tidak semakin rumit. Walaupun memang, mengetahui pasangan berselingkuh adalah hal yang sangat menyakitkan. Namun jangan sampai kamu dibutakan oleh emosi lalu mengambil langkah yang salah.

Perselingkuhan sendiri tidak memandang usia hubungan. Jadi walaupun kalian sudah lama berpacaran ataupun menikah, hal itu tidak dapat menjamin kesetiaan dari pasanganmu. Jika saat ini kamu sedang merasa curiga dengan pasanganmu, maka ada baiknya kamu mencari tahu bukti atau kebenarannya terlebih dahulu sebelum mengklaim sang pasangan berselingkuh.

Ada beberapa cara yang lebih elegan dan bijaksana untuk menghadapi pasangan yang berselingkuh. Agar tidak salah mengambil keputusan, berikut ini 5 cara mengatasi perselingkuhan dengan bijak.

5 Cara Mengatasi Perselingkuhan dengan Bijak

1. Cari Tahu Kebenarannya

Jika kamu baru saja mendengar kabar bahwa pasanganmu berselingkuh, maka jangan langsung mempercayai kabar tersebut. Kamu perlu mencari bukti-bukti dan kebenarannya terlebih dahulu sebelum mengklaim pasanganmu berseligkuh. Karena bisa saja kabar yang kamu dengar itu hanyalah fitnah. Kamu tidak mau bukan hubunganmu dengan pasangan harus berakhir hanya karena kesalah pahaman seperti ini?

2. Tanyakan Baik-baik Pada Pasanganmu

Cara mengatasi perselingkuhan dengan bijak yang kedua adalah dengan menanyakan langsung secara baik-baik kepada pasanganmu. Kamu bisa menanyakan apa penyebab dan tujuannya berselingkuh. Apakah pasanganmu itu berselingkuh untuk bersenang-senang saja atau dia memang ingin meninggalkanmu. Untuk menghadapi situasi semacam ini, kamu perlu tegas kepada pasanganmu. Jadi bicarakanlah secara baik-baik untuk mengevaluasi kembali hubungan kalian berdua.

3. Jangan Membuat Keputusan saat Sedang Emosi

Keputusan yang akan kamu buat pastinya akan sangat berpengaruh bagi masa depan hubungan kalian. Jadi sebelum membuat keputusan pastikan kamu sudah mempertimbangkannya secara matang-matang. Jangan pernah membuat keputusan di saat kamu sedang terbawa emosi. Karena di saat tersebut kamu tidak akan bisa berpikir secara jernih. Kamu tidak mau kan keputusanmu itu justru nantinya akan membuatmu menyesal?

4. Introspeksi Diri

Setelah mengetahui bahwa pasanganmu berselingkuh, kamu perlu tahu apa yang menjadi penyebab dan alasannya melakukan hal tersebut. Mungkin karena komunikasi, kejenuhan, atau mungkin kesalahpahaman saja. Ini adalah momen yang tepat untuk mengevaluasi hubungan kalian berdua. Kedua belah pihak bisa saling introspeksi diri demi kebaikan bersama.

5. Konsultasi Dengan Ahlinya

Tidak sedikit orang yang merasa bingung dan frustasi ketika mengetahui pasangannya berkhianat. Agar kamu bisa mendapatkan solusi yang lebih baik, cobalah untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Kamu dan pasangan bisa mencoba menghadiri sesi konseling. Terapis atau konselor pernikahan akan membantu menemukan solusi terbaik untuk hubunganmu dengan pasangan.

Itulah beberapa cara mengatasi perselingkuhan dengan bijak. Semoga membantu dan selamat mencoba!

(vio/vio)