4 Kebohongan yang Boleh Diucapkan Saat Kencan Pertama

Hestianingsih - wolipop Kamis, 19 Nov 2020 18:32 WIB
Precious moments of love. Close up portrait of handsome bearded guy kissing his girlfriend in cheek while she hugging him. Lady closing eyes with pleasure and smiling Ilustrasi kencan. Foto: iStock
Jakarta -

Kejujuran adalah hal yang penting diutamakan saat memulai sebuah hubungan. Tapi 'aturan' itu tidak selalu berlaku dalam kencan pertama.

Ada kalanya kamu diperbolehkan berbohong untuk tujuan yang baik. Seperti diutarakan pakar percintaan Meredith Goldstein, ada beberapa kebohongan yang bisa ditolerir saat kencan pertama.

Tujuannya lebih untuk menjaga kelanjutan hubungan. Bukan karena ingin memanipulasi atau 'benar-benar' berbohong. Seperti apa? Ini jawabannya seperti dikutip dari YourTango.

1. "Keluarga saya harmonis dan baik-baik saja."

Kencan pertama adalah tahap awal penjajakan untuk hubungan yang lebih lanjut. Maka kamu sebaiknya tidak mengumbar terlalu banyak tentang kisah hidupmu maupun keluarga. Ingat, dia masih jadi orang asing yang tidak perlu tahu segala kondisi yang kamu alami. Bahkan ketika keadaan keluarga sedang tidak harmonis, berpura-puralah semua baik-baik saja. Setidaknya saat kencan pertama.

2. "Pekerjaanku oke dan semuanya berjalan lancar."

Sama seperti poin pertama, teman kencan kamu tidak perlu tahu semua masalah yang sedang dialami. Meskipun suasana kantor sedang menguras emosi dan tenaga, kamu tidak perlu memberitahu teman kencanmu. Bersikaplah santai seolah tidak ada masalah. Bicarakan hal-hal menyenangkan dan buat si dia semakin ingin tahu lebih banyak tentang dirimu.

3. "Oh, aku juga penasaran dengan film itu."

Kebohongan ini masih bisa ditolerir jika kamu ingin suasana lebih cair dan menambah topik obrolan saat kencan pertama. Teman kencan kamu mungkin ingin membahas tentang film yang membuat dia penasaran, sedangkan kamu kurang tertark dengan genre ceritanya.

Sebaiknya jangan langsung mengatakan kalau kamu tidak tertarik dengan film tersebut. Tapi bersikaplah seolah kamu juga ingin tahu. Maka obrolan pun bisa mengalir lebih cair. Siapa tahu, ternyata film tersebut juga membuat kamu penasaran setelah dibahas berdua.

4. "Senang bertemu dan ngobrol denganmu."

Kencan pertama tidak selalu berakhir dengan suka sama suka. Jika setelah bertemu teman kencan kamu tidak merasakan ketertarikan bahkan merasa bosan, itu hal yang sangat wajar. Tapi sebaiknya jangan memperlihatkannya secara terang-terangan.

Tetaplah bersikap sopan dan jaga perasaan teman kencanmu. Meskipun acara kencan mungkin kurang menyenangkan, tetap beri pujian padanya. Katakan bahwa kamu senang bisa bertemu dengannya dan ucapkan terima kasih. Tapi jangan sampai memberi harapan kalau kalian akan bertemu lagi setelah kencan pertama. Setelah itu jika kamu ingin 'menghilang', keputusannya ada di tanganmu.

(hst/hst)