11 November Hari Jomblo Sedunia dan Hari Belanja Online, Begini Sejarahnya

Erwin Dariyanto - wolipop Rabu, 11 Nov 2020 12:45 WIB
Festival Jomblo digelar bertepatan dengan Hari Valentine, 14 Februari 2016. Ilustrasi 11 November Hari Jomblo
Jakarta -

Setiap 11 November diperingati sebagai hari jomblo sedunia oleh sebagian warga di dunia, terutama di China. Bahkan di Negeri Tirai Bambu itu setiap 11 November ditetapkan sebagai hari libur untuk memberikan kesempatan pada para pria wanita yang masih lajang untuk memperingati hari jomblo sedunia.

Bagaimana sejarahnya 11 November dijadikan Hari Jomblo Sedunia?

Dikutip dari detikFinance yang melansir nationaltoday.com sejarah hari jomblo sedunia pertama kali muncul di Nanjing, China pada 11 November 1993. Adalah para mahasiswa di Universitas Nanjing yang mencetuskan. Ketika itu mereka mempopulerkan istilah Single Day untuk pada jomblo di dunia.

Para mahasiswa yang masih jomblo diberikan kesempatan untuk merayakan status lajang mereka dengan memanjakan diri, bukan meratapi hidup tanpa pasangan. Dari awalnya cuma oleh mahasiswa Universitas Nanjing, Singles Day alias Hari Jomblo dengan cepat menyebar ke sejumlah daerah di dunia.

Ada yang unik di peringatan hari jomblo sedunia ketika itu, yakni para pria dan wanita yang masih lajang merayakannya dengan memberikan hadiah kepada diri mereka sendiri. Belanja barang, dan makanan enak untuk dinikmati sendiri.

Berawal dari tradisi belanja untuk diri sendiri di hari jomblo, Single Day atau Hari Jomblo kemudian menjadi 'hari raya' untuk berbelanja bagi orang China. Peluang ini ditangkap oleh Daniel Zhang, CEO Alibaba dengan memberikan promo penjualan online di Hari Jomblo Sedunia pada 11 November.

Pada 11 November pun tak hanya menjadi hari jomblo sedunia, tetapi juga berkembang menjadi Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. Pada Harbolnas 2020 ini sejumlah platform e-commerce menggelar aneka promo. Ketua Umum Asosiasi e-commerce Indonesia (idEA), Bima Laga menyebut pada tahun ini sejumlah e-commerce memberikan diskon mulai dari cicilan 0%, diskon, free ongkos kirim dan aneka promo lainnya.

Bima pun menjelaskan makna tanggal 11 November ditetapkan sebagai hari jomblo sedunia. Angka 1 pada tanggal 11 November merepresentasikan angka ideal untuk status lajang. "Booming 11.11 menanjak drastis setelah Alibaba menciptakan parade belanja online penuh diskon selama hari Singles Day pada tanggal 11 November 2009," kata Bima melalui keterangan tertulisnya, Rabu 11 November 2020.

(erd/pal)