Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Kamu Mulai Suka Pada Pria Selain Kekasih

Hestianingsih - wolipop Selasa, 02 Jul 2019 11:07 WIB
Ilustrasi tips cinta. Foto: Dok. iStock Ilustrasi tips cinta. Foto: Dok. iStock

Jakarta - Menyukai pria lain saat masih menjalin asmara dengan kekasih bisa saja dialami semua orang, termasuk kamu. Hal itu sangat lumrah dan manusiawi, hanya persoalannya, bagaimana kita mempertahankan hati untuk tetap setia kepada kekasih.

Jika rasa suka dan kagum terhadap pria lain mulai terjadi pada kamu, pertimbangkan matang-matang. Apakah hanya kekaguman sementara atau rasa cinta sesungguhnya? Berikut ini empat hal yang sebaiknya dilakukan ketika menyukai pria lain saat masih berpacaran .

1. Jangan Menyangkal Perasaan

Pertama, jangan membohongi diri sendiri kalau kamu sedang tertarik pada seseorang. Realitanya, sebagian besar orang berpotensi memiliki rasa tertarik dan penasaran terhadap orang lain di luar hubungan asmara. Menyangkal perasaan suka kepada orang lain yang bukan kekasih, justru akan membuat situasi bertambah buruk. Menekan perasaan yang berhubungan dengan asmara dalam waktu yang lama bisa berdampak buruk pada kondisi psikologis seseorang.

"Menutupi perasaan atau ekspresi emosional memerlukan usaha yang keras," ujar psikolog Dr. Doug Mennin. Dengan kata lain, otak kamu akan bekerja lebih keras saat melawan perasaan daripada menerimanya.

2. Pertemukan Pria yang Kamu Suka dengan Kekasih

Ajak kekasih kamu untuk bertemu dengan 'pria lain' itu, tapi tak perlu menyebutkan siapa dia dan bagaimana perasaan kamu padanya. Mungkin saran ini terdengar aneh, tapi jika sang kekasih dan pria idaman lain (PIL) sudah dipertemukan dan --mungkin-- mereka malah berteman baik, bisa mencegah kamu untuk bertindak lebih jauh. Semakin sering kamu melihat kekasih berkumpul dengan PIL, dan pria itu juga melihat kemesraan hubungan kamu bersama si dia, akan semakin berkurang hasrat kamu untuk berselingkuh atau flirting.



3. Percaya pada Perasaan Sendiri

Pria yang kamu suka bisa menjadi ancaman dalam hubungan, ketika kamu mulai hilang kepercayaan terhadap diri sendiri. Saat hal itu terjadi, buatlah batasan sendiri. Saat mulai sembunyi-sembunyi bertemu atau berkomunikasi dengan pria tersebut dan tidak mau kekasih mengetahui percakapan kalian, maka kamu tahu bahwa tindakan itu sudah terlalu jauh. Kamu jadi merasa takut karena merasa bersalah telah bermain mata dengan pria lain.

Jika sudah begitu, mulailah menjaga jarak dari pria lain tersebut. Kurangi frekuensi bertemu atau kirim pesan via Whats App, dan ceritakan padanya tentang momen-momen romantis yang pernah kamu dan pasangan lalui. Dengan begitu, dia akan tahu seberapa besar komitmen cinta terhadap kekasih dan mencegahnya untuk mendekati kamu lebih jauh, jika pria tersebut ternyata juga menyukai kamu. Hindari juga berduaan saja dengan sang pria, bergabunglah bersama teman-teman kamu saat hang-out.

4. Lihat Kenyataan

Saat ada seseorang yang disukai, kita jadi sering memikirkan dan berfantasi tentang orang tersebut. Kita jadi ingin mencoba sesuatu yang baru, merasakan tantangan dan berusaha mencari cara untuk memuaskan kebutuhan batin. Tapi ingatlah, manusia memang tidak pernah puas, jika terus menuntut diri sendiri untuk mencari kepuasan, kita tidak akan bisa menghargai apa yang sudah dimiliki.

Keinginan untuk berselingkuh bisa saja muncul, tapi ketika itu mulai membayangi kamu, mundurlah selangkah dan pikirkan bagaimana hal itu akan memberi dampak pada hubungan asmara kamu. Apakah kamu rela menghancurkan cinta yang sudah terjalin lama demi mengejar pria lain yang kamu sukai? Belum tentu semuanya akan berjalan baik dan lancar-lancar saja.



Simak Video "Tak Cinta Lagi Jadi Alasan Utama Pasangan Selingkuh"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)