Ternyata, Genre Musik Favorit Ada Hubungannya dengan Kepribadian!

Yudistira Imandiar - wolipop Sabtu, 03 Okt 2020 11:46 WIB
Ilustrasi dengarkan musik Foto: shutterstock
Jakarta -

Jenis musik apa sih yang paling sering kamu dengarkan? Kalau bingung, mungkin kamu bisa lihat riwayat pemutaran atau playlist di platform streaming musik yang kamu gunakan, untuk tahu preferensi genre musik favoritmu.

Mengutip Verywellmind, sebuah studi berskala besar yang dilakukan peneliti dari Heriot-Watt University, Skotlandia, terhadap 36 ribu partisipan, mencoba menemukan kecenderungan hubungan kepribadian dengan pilihan genre musik favorit. Salah seorang peneliti, Adrian North mengemukakan ada sejumlah orang yang menutupi preferensi musiknya karena khawatir dihubungkan dengan karakter yang kurang baik. Maka, penelitian ini mencoba menggambarkan kemungkinan pilihan jenis musik dengan kepribadian seseorang.

Ternyata, ada kecenderungan pertalian antara jenis musik yang dipilih dengan kepribadian yang ditunjukkan seseorang. Berikut ini ulasannya.

1. Musik Pop

Berdasarkan studi tersebut, pendengar musik pop mengarah pada karakter ekstrovert, jujur, bersahaja. Pendengar musik jenis ini memiliki sifat pekerja keras, dan punya kepercayaan diri tinggi. Namun, pada beberapa orang yang menyukai musik ini, diketahui kurang kreatif dan mudah khawatir.

2. Musik Rock dan Metal

Tidak seperti paradigma yang terbentuk selama ini, penyuka musik bernada keras merupakan orang yang kasar dan arogan, studi mendapati mereka yang suka aliran musik ini, justru memiliki jiwa introvert dan tak begitu percaya diri. Namun, mereka punya kreativitas yang relatif tinggi.

3. Musik elektronik

Orang-orang dengan selera musik elektronik atau biasa disebut musik disko ternyata lebih mudah bergaul dan tegas. Mereka ini cenderung suka mencoba pengalaman baru dalam hidup.

4. Musik folk

Penikmat musik folk yang mendayu-dayu digambarkan sebagai sosok introvert, cerdas, dan kreatif. Sayangnya, kelemahan yang mereka tunjukkan yakni tidak terlalu bekerja keras dan kurang ramah.

5. Musik jazz dan blues

Penyuka musik genre jazz dan blues mengarah pada karakter ekstrovert dengan kepercayaan diri tinggi. Orang-orang yang gemar dengan musik ini bisa berpikir kreatif, cerdas, tapi tetap santai.

Nah, itu dia beberapa jenis musik dan kecenderungan kepribadian yang ditunjukkan pendengarnya. Namun, North menegaskan, hasil penelitian yang dilakukan timnya itu bukanlah sesuatu yang mutlak. Sebab kepribadian dapat dipengaruhi berbagai faktor lain.

Samsung Galaxy S20 FESamsung Galaxy S20 FE Foto: Samsung


Samsung Galaxy S20 FE akan menemani kamu mendengarkan musik favorit dengan nyaman. Sebab, smartphone ini dilengkapi sistem LTE berkecepatan maksimal 2.0 GBPS dan WiFi 6, smartphone ini menangkap koneksi internet dengan optimal saat menggunakan paket data maupun WiFi, sehingga streaming musik maupun video musik jadi lancar tanpa lag. Selain itu, layar berbentang 6,5 inci Infinity-O Super AMOLED Display dapat menampilkan visual dengan jernih dan cerah.

Samsung Galaxy S20 FE ditawarkan seharga Rp 9.999.000 dan antrean pre-order sudah dibuka hingga 8 Oktober mendatang. Pemesan tahap awal akan memperoleh bonus Galaxy Fit2, wireless charger, clear view smart cover dan akses YouTube Premium selama empat bulan.

Informasi lengkap mengenai produk dan pemesanan Samsung Galaxy S20 FE dapat dilihat di sini.



Simak Video "Dengerin Musik Bertempo Lambat dan Nyanyi Bersama Bisa Minimalisasi Stres"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/eny)