Tips Agar Terhindar dari Penipuan Saat Kenalan via Aplikasi kencan

Eny Kartikawati - wolipop Jumat, 18 Sep 2020 17:55 WIB
Close up photo website got news she her lady telephone share repost like heart letters pick choose choice illustration photos guys dating site futuristic creative design isolated grey background. Tips agar terhindar dari penipuan saat kenalan via aplikasi kencan. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Selama pandemi Covid-19 dan diberlakukannya social distancing membuat usaha pencarian pasangan atau jodoh beralih ke online. Aplikasi kencan pun mengalami peningkatan download sebanyak 20-26%. Namun sayangnya, penipuan di aplikasi kencan ini juga meningkat.

CNBC melaporkan bahwa profil palsu dan penipuan di aplikasi kencan meningkat. Modusnya adalah profil palsu tersebut menggunakan foto orang lain yang berprofesi sebagai suster atau dokter yang merawat pasien Corona. Lalu ia membuat akun sosial media palsu. Ketika ia mendapatkan match, ia akan meminta 'sumbangan' ke match tersebut dengan alasan untuk membeli kebutuhan alat kesehatan.

Violet Lim, CEO Lunch Actually Group, mengatakan rasa empati orang-orang meningkat ketika pandemi ini. Inilah yang dimanfaatkan oleh penipu untuk memangsa korban. "Rasa kesepian dan empati membuat para pengguna menjadi mudah tertipu. Untuk itu, pengguna aplikasi kencan harus meningkatkan kewaspadaan," ujar Violet.

Lebih lanjut Violet menjelaskan, salah satu modus yang sering digunakan adalah penipu berpura-pura mengirimkan barang ke korban lalu oknum 'bea cukai' menghubungi korban untuk mentransfer sejumlah uang untuk pajak cukai. Modus lainnya adalah meminta bantuan karena ada keluarga yang tiba-tiba kecelakaan.

Berikut tips bagaimana menghindari penipuan di aplikasi kencan, seperti dipaparkan Lunch Actually:

1. Jangan pernah memberikan informasi pribadi seperti alamat rumah, nomer identitas, nama orangtua, dan nomer rekening.

2. Jangan pernah mengirimkan uang ataupun pulsa.

3. Ajak untuk video call atau ketemuan langsung sehingga kamu bisa mengetahui apakah dia benar-benar serius atau tidak. Tapi jangan pernah mau diajak bertemu di ruangan yang isinya hanya kalian berdua. Usahakan lakukan pertemuan di ruang publik.

4. Gunakan fitur Google Image Reverse untuk mengecek apakah foto yang digunakan asli atau palsu.



Simak Video "Awas! Jerat Fakboi di Aplikasi Kencan"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)