PDKT dan Kencan di Era New Normal, Ini yang Perlu Diketahui

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 28 Mei 2020 08:13 WIB
Ilustrasi pasangan suami istri Foto: iStock
Jakarta -

Konsep kencan dan hubungan tidak akan pernah sama lagi di era new normal. Dulu saat PDKT (pendekatan) dengan seseorang mungkin akan lebih banyak pilihan tempat dan aktivitas. Nonton bioskop, mencoba restoran baru hingga pergi ke konser mungkin untuk sementara tidak bisa kembali dilakukan lagi.

Di awal pendekatan pun kemungkinan besar akan dipenuhi dengan kecurigaan tentang kesehatan dan kebersihan teman kencan. "Keragu-raguan bertemu dengan orang baru kemungkinan akan bertahan lama," ujar psikiater Anita Gautam, seperti dikutip dari Hindustan Times.


Inilah yang perlu diketahui saat PDKT dan berkencan di era new normal:

1. Pilih Tempat Outdoor
Ketika Corona belum benar-benar hilang, sebaiknya menghindari pertemuan di dalam ruangan seperti mall, restoran atau bioskop. Pendiri aplikasi kencan The New Circle David Vermeulen menyarankan untuk melakukan kencan di luar ruangan seperti taman, atau area olahraga outdoor.

"Musim panas jadi sesi mencari cinta. Jadi, berkencanlah di luar ruangan dan jadilah kreatif. Dengan begitu kamu bisa menerapkan aturan social distancing. Gelar kain, dan bawa makanan untuk menikmati kencan yang tidak biasa di taman," ujar David, seperti dikutip dari Glamour.

Couple on Valentine's dayCouple on Valentine's day Foto: iStock



2. Etika Kencan New Normal
Perlu diketahui etika kencan di era new normal ini. David mengatakan bahwa 'clean dating' akan menjadi the new clean eating. Hindari salaman, atau bersentuhan fisik di awal-awal PDKT. Karena kamu tidak pernah tahu si dia bertemu siapa saja, atau mungkin bertemu dengan teman kencan lainnya. Di era new normal ini, kesehatan dan keselamatan adalah yang terpenting.

"Kamu perlu menyiapkan hand sanitizer, dan jangan langsung melakukan kontak fisik. Kamu tidak bisa langsung memberikan pelukan atau cium pipi. Jadi tetap menggunakan bahasa tubuh yang menyenangkan," ujar David.


3. Percakapan yang Berkualitas
Kencan setelah Corona, orang harus meningkatkan ketrampilan komunikasi karena mungkin pertemuan bisa jadi terbatas. Media telepon dan video call mungkin masih akan terus berlanjut meski lockdown telah dilonggarkan. Untuk itu, komunikasi yang berjalan lancar sangat penting. Cari topik perbincangan seru agar PDKT jadi tidak terasa membosankan.

4. Tidak Perlu Terburu-buru untuk Menjadikan Si Dia Sebagai Pacar
Lockdown selama dua bulan membuat orang lebih memikirkan tentang diri sendiri. Hal tersebut baik dari segi percintaan, karena kamu semakin tahu apa yang diinginkan dari hubungan asmara. Untuk itu, ketika dekat dengan seseorang sebaiknya tidak perlu terburu-buru untuk menjadikan si dia sebagai pacar.

"Lockdown membuat orang memiliki banyak waktu dan ruang untuk berpikir lebih jauh apa yang mereka inginkan. Di sinilah bisa dinilai dari percakapan yang jujur dan terbuka," ungkap David.



Simak Video "Itang Yunasz Rancang 'Baju New Normal' yang Gampang Dicuci"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)