Apa Saja Bentuk Kesetaraan Gender Bagi Perempuan di Rumah?

Reyhan Diandri Ghivarianto - wolipop Jumat, 28 Agu 2020 18:43 WIB
abc Foto: shutterstock
Jakarta -

Kesetaraan gender merupakan salah satu hak asasi sebagai manusia. Arti dari kesetaraan gender merujuk kepada suatu keadaan setara antara laki-laki dan perempuan dalam pemenuhan hak serta kewajiban masing-masing.

Walaupun masyarakat di Indonesia secara umum menganut budaya patriarki, hak untuk hidup secara terhormat dan bebas menentukan pilihan hidup tidak hanya diperuntukan bagi para laki-laki saja, perempuan pun mempunyai hak yang sama terutama di dalam urusan rumah tangga.

Lantas apa saja bentuk kesetaraan gender bagi perempuan di rumah? Dilansir dari laman Harvard Business Review berikut ini beberapa bentuknya.

Pembagian Peran yang Adil Saat Mengasuh Anak

Pembagian peran yang tepat menunjukkan kesetaraan gender saat mengasuh anak. Sang suami harus bisa mengambil porsi yang tepat sehingga tidak membebankan tugas mengurus anak kepada istri. Pemberian edukasi anak di rumah juga harus seimbang antara ibu dan ayah. Jangan perempuan saja yang harus bekerja ekstra soal mengedukasi anak.

Dapat Ambil Bagian soal Urusan Keuangan

Urusan keuangan menjadi hal yang sensitif. Terkadang hanya suami yang memegang kendali soal keuangan dalam keluarga. Hal ini harus diubah dengan memberikan perempuan ruang untuk ikut serta dalam mengurus finansial. Kesetaraan gender bisa didapatkan saat perempuan bisa mendapatkan haknya untuk ikut mengatur cash flow yang ada.

Tidak Didiskriminasi oleh Pasangan

Terkadang pasangan laki-laki melakukan tindakan diskriminasi yang menyakiti hati pasangan perempuan. Tentu hal ini tidak boleh dilakukan dan perlu adanya edukasi sehingga pasangan tidak merasa dirinya dilecehkan. Perempuan bisa mendapatkan kesetaraan gender saat tidak ada lagi diskriminasi yang dilakukan oleh pasangannya.

Itulah beberapa bentuk kesetaraan gender yang harus didapatkan oleh perempuan saat di rumah. Menilik masih adanya ketidaksetaraan gender yang ada, Kecap ABC pun menaruh perhatian lebih mengenai isu ini.

Program Koki Muda Sejati merupakan bentuk dukungan ABC terhadap isu kesetaraan gender di Indonesia. Kecap ABC mendukung penuh semangat kesetaraan gender di Indonesia, dimulai dengan memberikan edukasi bagi generasi anak muda mengenai gender equality.

"Heinz ABC menggagas gerakan ini untuk mengubah persepsi masyarakat dan membangun perilaku yang lebih baik di kalangan anak muda," ujar Head of Legal & Corporate Affairs Kraft Heinz Indonesia & PNG Mira Buanawati.



Simak Video "Louis Partridge, Si Tewksbury yang Curi Perhatian di 'Enola Holmes'"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/eny)