Viral Kisah Cinta Guru dan Murid, Ini yang Bikin Murid Jatuh Cinta Sama Guru

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 21 Jul 2020 10:33 WIB
Father walking down hall with kids Ilustrasi pria yang mengajar online. Foto: Thinkstock.
Jakarta -

Kisah cinta tak biasa antara murid dengan guru beberapa waktu belakangan kerap terjadi dan viral. Bahkan ada yang sampai ke pelaminan dan mempunyai buah hati dari pernikahannya.

Cerita cinta itu biasanya bermula dari murid yang kasmaran pada sang guru. Kenapa murid bisa jatuh cinta pada guru sendiri? Psikolog Meity Arianty, STP., M. Psi menjelaskan fenomena tentang kisah cinta beda generasi tersebut.

"Ini sangat biasa dan sering terjadi, figur guru adalah salah satu figur otoritas yang akan mudah membuat murid-muridnya jatuh cinta apalagi jika guru tersebut memiliki karisma, baik hati, lembut dan pandai mengajarkan mata pelajaran. Yang umum terjadi memang guru atau dosen laki-laki ke siswi atau mahasiswinya. Guru laki-laki yang dianggap dewasa dan berwibawa akan membuat siswa-siswanya jatuh cinta pada pandangan pertama sehingga akan bersemangat jika guru yang disukainya mengajar," kata Meity saat dihubungi Wolipop, Minggu (19/7/2020).

Meity yang merupakan dosen psikologi di Universitas Gunadarma itu mengatakan wanita memang mudah tertarik pada sosok yang terlihat keren. Apalagi jika ternyata sosok itu juga baik, menyenangkan, pengertian, sabar, berwibawa dan berpendidikan. Wanita yang lebih mengandalkan perasaannya akan lebih mudah jatuh cinta pada guru.

Sedangkan sosok guru pria yang cenderung lebih realistis tidak menutup kemungkinan juga untuk jatuh cinta pada muridnya. Menurut Meity, ada pria yang suka ketika melihat wanita yang muda dan lugu.

"Aa yang suka jika wanita itu muda dan lugu karena dianggap dapat dilindungi (figur otoritas pria dominan biasanya di sini). Selain itu seseorang akan mudah tertarik pada figur otoritas yang dianggap berpengaruh dan berkarisma, hal itu dianggap nilai tambah," jelas Meity.



Simak Video "Perseteruan KD-Aurel-Azriel Jadi Konsumsi Netizen, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)