Arti Mimpi Putus dengan Pacar yang Bikin Para Bucin Ketakutan

Hary Lukita Wardani - wolipop Minggu, 05 Jul 2020 20:30 WIB
Scared woman hiding under blanket. Afraid of the dark. Unable to sleep after nightmare or bad dream. Awake in the middle of the night in bedroom at home.  Monster under the bed or in closet. Ilustrasi wanita mimpi buruk. Foto: iStock
Jakarta -

Pernahkah kamu mimpi putus dengan pacar? Meskipun hanya dalam mimpi, banyak orang jadi sedih bahkan menafsirkan hal tersebut akan menjadi nyata.

Pada dasarnya berpisah dengan kekasih pastilah sangat menyakitkan meskipun hanya dalam mimpi. Lantas apa arti mimpi putus dengan pacar?

Seperti dikutip dari hellogiggles, banyak ahli saraf yang percaya bahwa mimpi hanyalah efek samping dari pikiran yang berantakan dan tidak ada makna berarti. Menurut hasil laporan psikolog konseling Dr. David B. Feldman dalam Psychology Today, proses otak menyaring ingatan dan memutuskan mana yang akan disimpan, memicu emosi dan ingatan.


Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa manusia merupakan makhluk pembuat makna. Otak mengumpulkan semua aktivitas mendasar menjadi sebuah cerita. Karena inilah mimpi sering tidak masuk akal dan aneh.

Namun pendapat lain dikemukakan oleh banyak psikolog dan psikiater. Menurut mereka mimpi dipicu oleh aktivitas neurologis malam hari, cerita yang dihasilkan dapat didasarkan pada realitas emosional manusia.

Unhappy restless woman wearing pajama suffering from insomnia, alarm clock on bedside table, sleepless tired girl with open eyes lying in bed, lack of sleep, early morning awakening conceptIlustrasi wanita bermimpi. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes


Salah satunya Hilda Burke, seorang psikoterapis integratif dan konselor pasangan dari Inggris, yang mengatakan bahwa mimpi kadang merupakan kelanjutan dari apa yang sedang dikerjakan atau dipikirkan pada siang hari. Terkadang mimpi bisa menjadi pemenuh keinginan kita yang belum terlaksana.

Ahli Psikoterapis Cathy Pagano mengungkapkan otak bawah sadar mungkin menyampaikan informasi tentang pengalaman dan emosi yang tidak disadari oleh diri kita. Menurutnya mimpi merupakan hasil otak kanan yang memroses kejadian di hari-hari selama hidup. Otak kanan yang lebih imajinatif akan berkomunikasi dengan perasaan dan alam bawah sadar kita jadi mimpi bisa menunjukan gambaran lebih besar atau menggantikan sikap sadar kita.

Lalu apa artinya mimpi putus sama pacar?

Menurut Pagano, mimpi tersebut bisa berarti ada masalah dalam hubungan. Mungkin karena kamu tidak sadar ingin keluar atau mengakui bahwa pasangan menunjukan tanda-tanda ingin berpisah. Meskipun dalam sadar kamu ingin selalu bahagia bersama dengan pasangan, namun di sisi lain, kamu menyadari ada yang salah dari hubungan kalian sehingga pikiran tersebut masuk ke dalam mimpi.

Tapi, jangan langsung mempercayai hal tersebut. Ada beberapa ahli yang berbeda pandangan lagi terkait arti mimpi putus dengan pacar. Hilda Burke, seorang psikoterapis integratif dan konselor pasangan dari Inggris, menjelaskan mimpi itu mungkin kecemasan kamu di dunia nyata. Menurutnya mimpi putus dengan pacar tidak selalu menjadi hal yang negatif untuk semua orang.

Close up unhappy woman feeling unwell, lying on pillow in bed, suffering from strong headache, migraine or insomnia, health problem, depressed upset young female touching head, cryingIlustrasi wanita bermimpi. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes


Mimpi putus dengan pacar bisa dikaitkan pada sesuatu yang berhubungan dengan pasangan dan alam bawah sadar menggunakan pasangan kamu sebagai representasi fisik untuk hal itu atau mungkin memberitahumu sesuatu dalam hubungan kalian.

"Itu bisa melambangkan, oke bermimpi tentang perpisahan, tapi mungkin arti sebenarnya ada sesuatu yang berakhir dan sesuatu yang dimulai,"" tandas Burke.

Itulah yang bisa dijelaskan dari arti mimpi putus dengan pacar. Semoga bisa mencerahkan, ya!



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)