Usia 30 Masih Belum Nikah #BisaApaSih, Benar atau Salah?

Angga Laraspati - wolipop Sabtu, 22 Feb 2020 11:47 WIB
Cincin pernikahan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Banyak yang menganggap bila belum menikah di usia 30-an adalah suatu hal yang tidak biasa atau juga patut dipertanyakan. Tapi ada juga kok yang sampai usia 30 tahun belum menikah karena berbagai alasan yang mendasarinya.

Pertanyaannya #BisaApaSih wanita atau pria yang belum menikah di usia 30? Tentunya banyak yang bisa mereka lakukan. Contohnya untuk wanita yang belum menikah di usia 30 mereka mungkin punya pilihan yang sudah ditentukan, bisa jadi karena pengalaman pahit di masa lampau yang membuatnya
trauma dan belum menemukan sosok yang tepat untuk menuju ke jenjang berikutnya.

Bisa juga bagi para pria yang belum menikah di usia 30-an mereka merasa ingin memantapkan kariernya terlebih dahulu sebelum memberanikan diri untuk memulai kehidupan berumah tangga. Selain itu, mungkin memang sebagian dari mereka belum mapan untuk membawa dirinya menuju ke jenjang yang lebih jauh.

Tapi nyatanya masih banyak yang men-judge seseorang yang belum menikah di usia 30-an. Apakah kamu pernah? Berbagai judging diberikan seperti 'ih usia 30 kok perempuan belum nikah? Nggak laku ya?' atau 'kok nggak nikah-nikah sih udah mau 30? Nanti jadi perawan tua loh'. Ada juga berbagai pertanyaan kepada para lelaki yang belum menikah di usia 30 seperti 'kenapa nggak nikah udah 30 nih, nggak punya duit?' dan perkataan yang lainnya yang pasti terkadang suka bikin sakit
hati.

Ya apapun pilihan seseorang, entah dia mau menikah di usia 30 atau belum itu semua sudah menjadi pilihan masing-masing dari mereka. Karena kalau mereka sudah menentukan pilihan kapan mereka ingin menikah ya, kamu memang mau memaksakan mereka untuk menikah saat itu juga?

Kalau menurut kalian, salah nggak sih seseorang belum menikah di usia 30-an? Kalau emang ada yang punya pendapat berbeda, coba tantangin mereka yang nge-judge ini itu dan tanyakan mereka dengan lantang, memangnya kamu #BisaApaSih?

(prf/eny)