Pilih Cinta atau Uang Saat Pilih Pasangan? Riset Ini Punya Jawabannya

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 17 Okt 2019 11:47 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Masing-masing orang memiliki kriteria tersendiri dalam memilih pasangan hidup. Kamu sendiri, apa kriteria utamamu dalam memilih pasangan? Uang dan cinta memang sama-sama penting, namun, mana yang lebih penting bagimu?

Untuk mengetahui lebih dalam, Merrill Edge melakukan penelitian mengenai hubungan uang dan cinta dengan kriteria seseorang untuk memilih pasangan hidup.

Seperti dikutip dari Black Enterprise, menurut penelitian yang dilakukan oleh Merrill, sebanyak 56 persen responden lebih memilih pasangan yang memiliki keamanan finansial dan 44 persen sisanya lebih memilih cinta. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa sebanyak 63% responden lebih memilih pasangan yang berfokus pada karir daripada yang peduli akan kehidupan sosialnya (37%).


Menurut Aron Levine, kepala Consumer Banking & Merrill Edge, sebagian orang memang suka menabung untuk masa depannya sehingga mereka akan cenderung memilih pasangan yang dapat menjaga dan mempertahankan kondisi keuangannya di masa depan.

Namun menurut para responden dalam penelitian ini, agak sulit untuk membicarakan masalah keuangan dengan pasangan. Sebanyak 60 persen mengaku sangat jarang membicarakan tentang utang mereka, 57 persen tentang gaji, dan 55 persen tentang investasi dengan pasangannya.


Merrill Edge juga melakukan survei nasional yang meneliti tentang keuangan dan prioritas dari orang-orang yang hidup berkecukupan di Amerika. Para responden dalam penelitian ini, termasuk mereka kalangan dari generasi Z dan millenial, diketahui memiliki aset yang dapat diinvestasikan antara USD $50.000 hingga USD $250.000 dan generasi-generasi sebelumnya yang memiliki aset antara USD $20,000 hingga USD $50,000 dengan penghasilan tahunan setidaknya USD $50.000

Jika kamu adalah salah satu yang juga lebih mementingkan uang, maka para ahli menyarankan untuk tidak perlu menunda atau merasa canggung untuk menanyakan masalah utang dan rencana keuangan di masa depan termasuk pensiunan.

Memiliki keterbukaan dengan pasangan dalam hal keuangan sangatlah penting. Terutama sebagai millenial yang diketahui bisa memperoleh lebih banyak uang dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

Simak Video "Anggunnya Cinta Laura dengan Busana Hudoq di JFC 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/hst)