Sstt...Ciuman dengan Pasangan Ternyata Punya 4 Manfaat Tersembunyi Ini

Vina Oktiani - wolipop Minggu, 08 Sep 2019 07:34 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Berciuman biasanya dilakukan untuk mengungkapkan rasa sayang dan membuat suasana menjadi lebih romantis. Namun ternyata tidak hanya untuk mendapatkan kesan romantis, para peneliti juga percaya bahwa berciuman dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Membakar Kalori

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, berciuman melibatkan banyak otot wajah yang berbeda. Saat melakukan ciuman, paling sedikit dua otot wajah yang berbeda bergerak. Sehingga aktivitas ini bisa membakar dua sampai tiga kalori dalam tubuh. Sedangkan ciuman yang penuh akan gairah melibatkan setidaknya 23 sampai 34 otot-otot pada wajah dan dapat membakar lima hingga 26 kalori per menitnya. Dan 30 menit melakukan ciuman yang penuh gairah bisa membakar hingga 180 kalori, setara dengan mencuci mobil atau berjalan 3.5 km/jam selama lebih dari 30 menit.

Wajah Awet Muda

Saat berciuman setidaknya terdapat 30 otot pada wajah yang digunakan. Hal ini dapat membuat bagian pipi tetap kencang. Saat otot-otot tersebut digunakan, secara tidak langsung akan memperbaiki peredaran darah dan produksi kolagen pada jaringan kulit, sehingga dapat mengurangi kerutan pada wajah. Jadi, ciuman layaknya olahraga bagi wajah.



Tubuh Rileks

Dampak positif lain dari berciuman yaitu dapat membuat kamu merasa lebih santai. Hal ini sudah terbukti dari penelitian yang mengatakan bahwa berciuman dapat meningkatkan kadar bahan kimia alami pada tubuh, seperti oksitosin, penenang alami dengan endorphins yang merupakan salah satu bahan kimia yang bisa memuat kita merasa bahagia. Berciuman juga dapat mengurangi jumlah kortisol, hormon yang bisa membuat kita merasa depresi.

Menjaga Kesehatan Mulut

Selain itu, berciuman juga dapat membuat gigi terlihat lebih putih. Berciuman bisa meningkatkan jumlah produksi air liur dan secara natural dapat menghilangkan bakteri. Beberapa dokter gigi juga mengatakan bahwa air liur dapat membantu memperbaiki kerusakan kecil pada enamel gigi.



Simak Video "Rahasia Awet Muda Ayu Dyah Pasha"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)