Cara Baru Menghilangkan Stres, Cium-cium Bau Tubuh Pasangan

Alisa Kintan - wolipop Jumat, 05 Jan 2018 20:20 WIB
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Stres bisa dialami wanita manapapun, tua maupun muda. Tapi buat kamu yang sudah memiliki kekasih atau suami, mengatasi stres mungkin bisa lebih mudah.

Studi terbaru yang dilakukan University of British Columbia menemukan solusi mudah untuk mengatasi stres. Cukup dengan mencium aroma dari tubuh pasangannya, wanita akan menjadi lebih tenang.

Seperti dikutip dari Aol, dalam penelitian ini para ilmuwan melibatkan 96 pasangan pria-wanita. Responden pria diinstruksikan memakai kaus yang sama selama 24 jam.

Mereka dilarang memakai deodoran ataupun menyemprotkan produk wewangian selama menggunakan kaus tersebut. Nantinya baju yang sudah dipakai para pria tersebut diberikan kepada masing-masing wanita yang menjadi pasangannya.

Sebagian responden wanita diberikan kaus yang telah dipakai pasangannya, dan sebagian lagi tidak. Mereka lalu diminta mencium aroma dari kaus-kaus tersebut, sambil diukur tingkat stresnya menggunakan detektor khusus.

Setelah menganalisa dan melihat reaksinya, ilmuwan menyimpulkan reaksi wanita yang mencium kaus bekas pakai pasangannya lebih sedikit merasakan stres, sebelum dan sesudah tes pengukuran tingkat stres.

"Orang yang mencium kaus yang digunakan pasangannya dan bisa mengenali aromanya, tingkat kortisol (hormon pemicu stres) nya lebih rendah, yang mengindikasikan bahwa aroma tubuh pasangan paling kuat efeknya untuk mengurangi stres apabila wanita mengenali apa yang mereka cium," demikian yang ditulis ilmuwan dalam rilis pers, belum lama ini.

Mencium aroma pasangan atau orang yang kita cintai memang punya efek menenangkan dan bisa membangkitkan gairah seksual. Pada tubuh manusia, terdapat senyawa kimiawi alami untuk menarik atensi lawan jenis maupun pasangan yang disebut feromone.

Pada pria, feromon umumnya terpancar lewat bau alamiah tubuh. Ketiak, sekitar kuping, hidung dan mulut disebut-sebut sebagai sumber diroduksinya feromon. (hst/agm)