Anna Surti Ariani
Love Expert
Anna Surti Ariani
SEND YOUR QUESTION

Konsultasi Love

Break dan Putus, Apa Perbedaannya dalam Hubungan Asmara?

- wolipop Selasa, 16 Okt 2018 15:29 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Saya mau tanya bedanya break dengan putus apa ya Mba Anna? Saya dan kekasih saat ini sedang fase break. Tapi dia dihubungin sama sekali tidak bisa. Hubungan kami jadi seperti putus. Saya harus bagaimana menghadapinya? Terima kasih

(Fitri, 22 Tahun)

Jawab:

Hai Fitri,

Biasanya nih orang-orang kita menyebut 'break' sebagai putus sementara dan nanti bisa berhubungan lagi, dan 'putus' sebagai sudah tak berhubungan lagi. Walaupun begitu, tiap orang bisa punya definisi sendiri sih. Jadi sebetulnya lebih jelas kalau disepakati dulu sebelum diputuskan.

Haruskah membuat kesepakatan? Tak harus sih, tapi kalau tak membuat kesepakatan, lalu bisa menjadi tidak jelas seperti yang saat ini Anda rasakan. Kesepakatan yang bisa dilakukan misalnya 'break' akan seperti apa. Apakah sama sekali tak berhubungan, atau misalnya hanya berhubungan via pesan tertulis saja. Selain itu, bisa juga disepakati akan sampai kapan 'break' berlangsung. Selain alasan kejelasan, kesepakatan juga penting sebagai kesempatan saling belajar berkomitmen terhadap satu sama lain. Contohnya nih, kalau disepakati sama sekali tak berhubungan selama 3 hari, maka hari berikutnya Anda bisa saling berhubungan lagi. Dapat dilihat kan bagaimana komitmen masing-masing untuk menepati kesepakatan.

Dalam kondisi Anda saat ini, bagaimana kalau Anda mencoba memberikan pesan tertulis kepadanya, bisa lewat surat tulisan tangan, surat elektronik, ataupun pesan tulis via gawai. Anda bisa menanyakan akan dibawa ke mana hubungan ini. Anda juga bisa sekaligus menyampaikan 'batas waktu' yang Anda harapkan. Artinya kalau batas waktu tersebut terlewati, maka Anda bebas dari hubungan ini. Pastikan pesan tersebut sampai kepadanya (bisa juga dipastikan lewat keluarga atau teman-temannya) sehingga lebih jelas bagaimana hubungan Anda.

Anda memang harus mempertimbangkan bagaimana perasaan dia. Namun Anda juga perlu mempertimbangkan bagaimana diri Anda sendiri. Jangan mau terlalu lama diombang-ambingkan tanpa kepastian yang jelas, kecuali Anda memang menikmati diombang-ambing olehnya.
(hst/hst)