ADVERTISEMENT

Intimate Interview

Saat Vitiligo Mengubah Zsazsa dari Minder Menjadi Model

Khairunnisa Adinda Kinanti - wolipop Minggu, 28 Nov 2021 19:18 WIB
Jakarta -

Zsazsa Caesar (26) wanita asal Bandung yang mengidap vitiligo kini berprofesi sebagai model. Berawal dari ketidaksengajaan, kini bergaya di depan kamera menjadi makanan Zsazsa sehari-hari. Setelah bertahun-tahun terkurung dalam rasa tidak percaya diri, Zsazsa sudah mulai menerima diri.

"Di situ saya merasa saya di value 'Oh orang mau foto sama saya karena vitiligo saya' Itu merupakan suatu peristiwa yang baru di hidup saya. Akhirnya dari situ mulai saya sudah tidak memakai stocking lagi setelah foto itu," ujar Zsazsa dalam program Sosok.

Selain menjadi model, Zsazsa juga menerima beberapa endorse dan campaign yang diangkat dari cerita Zsazsa.

"Seperti kemarin mendapatkan beberapa job saya sudah mulai semakin percaya diri. Saya merasa pantas ada di sini, orang sudah memilih saya kerja untuk brandnya dia dengan membawakan campaign cerita saya sendiri. Di situ mulai kepercayaan diri saya bertambah," ujar Zsazsa.

Setelah melewati banyak hal yang terjadi, Zsazsa berani mencoba melihat sudut pandang lain tentang vitiligonya. Dari yang tadinya buruk, menjadi lebih baik. Tentu peran orang-orang di sekitarnya yang membuat Zsazsa kuat sampai saat ini.

"Support system saya juga orang tua, adik, keluarga dan teman-teman saya semuanya. Itu yang membuat saya kuat sampai detik ini. Sama Tuhan juga, saya percaya Tuhan memberikan ini ada maksudnya," cerita Zsazsa.

Kini Zsazsa menjadi seseorang yang berbeda dalam menghadapi vitiligo yang ia miliki. Zsazsa menyadari bahwa vitiligo bukanlah sebuah hal yang membuat ia berbeda tetapi merupakan hal unik yang ada pada dirinya.

"Jadi kalau Zsazsa yang dulu pasti kalau ditanya 'Itu kulitnya kenapa?'. Saya langsung merasa tidak percaya diri. Kalau sekarang ditanya seperti itu saya akan jawab 'Ini vitiligo, kalau tidak tahu vitiligo itu apa coba cari di google'. Hal tersebut untuk mengedukasi kalau kondisi vitiligo itu seperti apa," ujar wanita yang akrab disapa Zsazsa ini.

Setelah Zsazsa menerima vitiligo yang ia miliki, ia merasa bangga memiliki vitiligo menurutnya orang-orang yang memiliki vitiligo "New and different beauty standard".

(fuf/gah)
Adu Perspektif
×
Manuver Dewan Kolonel, Hingga Dendam Lama
Manuver Dewan Kolonel, Hingga Dendam Lama Selengkapnya