Inspiratif! 2 Brave Beauties Wardah Sharing soal Aksi untuk Sesama

Erika Dyah - wolipop Kamis, 30 Sep 2021 17:14 WIB
Wardah Foto: Wardah
Jakarta -

Wardah baru saja meluncurkan kampanye terbaru, #BeautyMovesYou untuk mengajak perempuan Indonesia dan masyarakat sama-sama bergerak memberi manfaat bagi sekitar. Tak hanya mengenalkan transformasi nilai yang diusung, 2 Brave Beauties Wardah juga berbagi cerita inspiratif soal upaya mereka berbagi manfaat pada sekitar.

Salah seorang Brave Beauty Wardah yang juga merupakan Disability Womenpreneur, Nicky Clara bercerita soal bagaimana ia me-manage 4 social enterprise sekaligus di tengah keterbatasan yang ia miliki. Diketahui, seluruh bisnis yang diusungnya memiliki nilai untuk memberdayakan para penyandang disabilitas.

Nicky menyebutkan, sebagai seorang penyandang disabilitas ia kerap menemui berbagai stigma. Kendati demikian, hal itu tidak membuatnya menyerah dan justru jadi acuan untuknya menggerakkan lingkungan sekitar.

Lewat bisnis yang ia jalani, ia mulai mengenal teman-teman disabilitas di Indonesia yang dilihatnya belum memiliki kesempatan yang sama dengan teman non-disabilitas. Dengan passionnya di bidang fashion, ia pun menggerakkan perempuan disabilitas untuk kerja bersama dan mengekspresikan diri lewat karya, salah satunya melalui bisnisnya Kamu Wear (@kamu_wear) dan juga TENOON (@tenoon_id).

"Lewat TENOON dan Kamu Wear yang berfokus di bidang fashion, aku menggerakkan teman-teman perempuan disabilitas untuk keluar dari comfort zonenya. Fashion itu kan mengekspresikan diri, karena through the fashion i can show despite my disability. Aku bisa mengekspresikan diriku dengan bilang (ke orang lain) untuk lihat karyaku dan lihat apa yang bisa aku lakukan," ungkap Nicky dalam Virtual Press Conference #BeautyMovesYou dari Wardah, Kamis (30/9/2021).

Nicky berharap dengan adanya TENOON dan Kamu Wear ia bisa terus meningkatkan kapasitas teman-teman disabilitas dan mengajak mereka untuk memulai menunjukkan diri lewat karya yang dihasilkan. Menurutnya, bisnis yang ia jalankan juga bisa menjadi wadah untuk mengenalkan ekosistem usaha yang inklusif, sustainable, dan ramah bagi teman-teman disabilitas juga para perempuan.

Nicky pun menyambut adanya campaign dari Wardah #BeautyMovesYou yang menurutnya sangat bermanfaat untuk mengajak orang bergerak bersama memberi manfaat.

"Aku selalu berpikir bahwa kita tidak bisa sendiri, karena kita perlu orang-orang di sekitar kita untuk bisa melakukan hal-hal baik bersama. Itulah kenapa aku mulai TENOON ini di Makassar, dan Kamu Wear di Bali, karena banyak teman-teman disabilitas di luar pulau Jawa menunggu kesempatan ini," terangnya.

Sementara itu, seorang Brave Beauty lainnya yakni Sabrina Anggraini berbagi cerita soal tantangan yang ia hadapi sebagai perempuan yang menggeluti dunia teknologi. Ia yang kini tengah melanjutkan studi di Massachusetts Institute of Technology (MIT) jurusan System Design and Management mengatakan pernah diragukan kapasitasnya dalam sebuah kompetisi karena adanya stigma perempuan yang minoritas di bidang teknologi.

Meski sempat down, Sabrina mengaku hal tersebut justru menginspirasinya. Terlebih, ia melihat bahwa teknologi bisa digunakan untuk menjawab masalah-masalah di lingkungan sekitar.

"Itu justru yang menginspirasi aku untuk membangun usaha untuk bantu perusahaan-perusahaan atau organisasi NGO atau gerakan sosial untuk mereka bisa menggunakan teknologi dalam mencapai goal mereka yang bermanfaat," ujar Sabrina.

Sejalan dengan campaign #BeautyMovesYou, Sabrina pun mengajak perempuan untuk bisa beraksi dan mengambil tindakan serta memulai perubahan yang lebih positif. Meski tak semudah yang dikatakan, Sabrina menilai langkah ini bisa terwujud dengan adanya support system, salah satunya juga melalui campaign yang bisa mengajak sesama perempuan bergerak memberi manfaat.

"Dengan adanya support system, apa lagi sesama perempuan yang punya keahlian di bidang masing-masing, ketika ada support system yang punya visi sama untuk berkontribusi ke lingkungan sekitar itu jadi lebih terdorong banget sih untuk memulai," tuturnya.

"Dan aku harap dengan campaign Wardah #BeautyMovesYou ini bisa memberikan support untuk banyak lagi perempuan bergerak menciptakan perubahan," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Group Head Wardah, Novia Sukmawaty menjelaskan campaign Wardah #BeautyMovesYou merupakan sebuah gerakan yang mengajak seluruh perempuan menjadi penggerak perubahan.

"Melalui campaign ini, kami ingin memotivasi perempuan Indonesia bahwa setiap mereka yang berani bergerak adalah para Brave Beauties dengan kontribusi yang beragam. Tidak harus besar, langkah kecil yang dilakukan secara konsisten pun tentu akan bermanfaat. Wardah #BeautyMovesYou berupaya untuk menerobos pola pikir yang mungkin selama membatasi ruang gerak perempuan untuk berdaya dan mendorong mereka menjadi versi terbaik dari dirinya," jelas Novia.

Sementara itu, CEO PT Paragon Technology and Innovation, Salman Subakat mengungkap pihaknya juga menggandeng ahli lokal dan internasional untuk terus mengembangkan produk kosmetik Wardah, sejalan dengan kampanye terbaru dan transformasi nilai yang dikembangkan.

"Wardah sebagai brand kosmetik terbesar yang memiliki komunitas perempuan terbesar dan terkuat di Indonesia berkomitmen untuk selalu menjadi sahabat bagi seluruh perempuan dalam menyebarkan kebermanfaatan. Untuk itu, Wardah bertransformasi hadir dengan new value-nya #BeautyMovesYou mengajak seluruh masyarakat terutama perempuan untuk terus bergerak membawa manfaat," pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan Virtual Press Conference kali ini turut dihadiri oleh Wardah Brand Ambassador, Dewi Sandra. Hadir pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dan Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi yang memberi sambutan dalam kegiatan ini.

Selain itu, Wardah juga tengah menyiapkan Beauty Moves You The Experience yang akan berlangsung pada 30-31 Oktober mendatang dengan menghadirkan perwakilan tokoh-tokoh perempuan progresif Indonesia dan global, dari lintas profesi dan keahlian.

(ega/ega)