Intimate Interview

Kenalan dengan Citra Ayu, Bukan Selebgram Tapi Tetegram Andalan Para Busui

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 10 Agu 2019 08:28 WIB
Citra Ayu Mustika, bukan selebgram tapi tetegram andalan ibu menyusui. Foto: Gresnia Arela/Wolipop Citra Ayu Mustika, bukan selebgram tapi tetegram andalan ibu menyusui. Foto: Gresnia Arela/Wolipop

Jakarta - Wanita bernama Citra Ayu Mustika ini populer di kalangan ibu-ibu muda, khususnya mereka yang tengah menyusui atau busui (ibu menyusui). Citra yang terkenal di Instagram menyebut dirinya Tetegram. Apa itu?

Citra sehari-harinya berprofesi sebagai pegawai bank. Ia mengelola bisnis jasa dan dana ritel. Suatu hari wanita berhijab ini iseng membuat konten tentang ASI karena pernah merasakan kesulitan dalam menyusui anak pertamanya. Dia pada saat itu kurang mendapatkan informasi tentang ASI.

"Aku punya pengalaman nggak enak dengan menyusui. Aku kira yang paling penting dalam proses kehamilan itu adalah melahirkan. Jadi fokus aku mempersiapkan pasca kehamilan. Ternyata menyusui itu ada dasar ilmunya juga. Bukan hanya proses ilmiah yang terjadi dengan begitu saja," kata wanita 28 tahun itu saat berbincang dengan Wolipop di kantornya di kawasan Gambir, Jakarta Pusat Selasa (6/8/2019).



Ketidaktahuan Citra sempat membuat bayinya kuning tidak lama setelah lahir. "Akhirnya anak aku banyak tidur susah disusuin. Dia mengalami kuning juga akhirnya harus perawatan neonatal," tambahnya.

Berangkat dari pengalamannya tersebut, ia mengunggah pengalaman dan pengetahuannya tentang ASI. Dia berbagi tips seputar ASI khususnya untuk para ibu yang bekerja.

Citra Ayu Mustika.Citra Ayu Mustika. Foto: Gresnia Arela/Wolipop


"Karena masih jarang juga kan tips buat ibu pekerja. Dan banyak yang kurang spesifik dan kurang relate sama kehidupan kita," ujar Citra yang sudah lima tahun menjadi pegawai bank itu.

Pada halaman Instagramnya @olevelove bisa ditemukan berbagai tips seputar ASI. Tidak hanya untuk para ibu bekerja, ada juga tips-tips dasar menyusui hingga pembahasan mengenai ASI booster, diet untuk ibu menyusui hingga seputar ayah ASI.

Pembahasan seputar ASI ini yang membuat Citra populer di Instagram. Pengikutnya saat ini sudah lebih dari 110 ribu. Lazimnya mereka yang terkenal di Instagram disebut sebagai selebgram atau selebriti Instagram. Namun Citra enggan mendapat julukan selebgram. Pada profil Instagram, dia menyebut dirinya sebagai tetegram.

"Nama tetegram itu muncul gara-gara gini, orang suka sebut kalau aku itu selebgram ya? Terus aku tuh nggak sreg dibilang selebgram dan aku itu buruh di sebuah bank. Dan kebetulan aku suka bahas tentang tips ASI, tentang tetek di Instagram makanya aku singkat aja jadi tetegram hahahaa," jelas Citra.

Merasa sudah cukup sering berbagi informasi di Instagram, membuat Citra khawatir informasi yang ia sampaikan tidak terpecaya. Untuk itu ia langsung ambil sertifikasi konselor ASI disela waktu cuti melahirkan anak keduanya.

[Gambas:Instagram]


"Aku ambilnya pelatihan 40 jam standar WHO dan KEMENKES. Yang diselenggarakannya oleh PERINASIA yaitu organisasi seminar bagi mereka yang peduli terhadap keadaan kesehatan perinatal," kata Citra yang dalam kesehariannya juga kerap menjadi pembicara untuk pelatihan menyusui.

Populer di Instagram sebagai tetegram alias orang yang khusus membahas seputar ASI, Citra pun sering mendapat kiriman pesan berisi curhat dari para ibu menyusui. Selain bertanya seputar permasalahan ASI, para ibu ini mulai juga curhat masalah lain kepadanya, yaitu mengenai problematika kehidupan seks di antara suami - istri.

"Rata-rata curhatnya karena di aku kan banyak busui, pada curhat kehilangan libido pada suami. Nah, menurut aku ibu menyusui yang kehilangan libido pada pasangannya sangat wajar ya," ucap ibu dari dua anak bernama Zaida dan Fayza itu.

Ibu menyusui mengalami penurunan libidio bisa karena hormon. Hormon oksitosin yang mempengaruhi kelancaran ASI bisa membuat ibu menjadi sangat mencintai bayinya. Namun di sisi lain, menurut Citra, hormon ini juga menekan libido istri.

"Jadi istri nggak berminat berhubungan sama suaminya. Dan hormon prolaktin pada ibu menyusui yaitu hormon produksi asi. Yaitu dia dapat menekan hormon progesteron sehingga area vagina si ibu jadi lebih kering. Dan membuat ibu menjadi tidak nyaman," jelas wanita 29 tahun itu.

Curhatan para busui seputar kehidupan intim suami - istri ini seiring waktu berjalan semakin banyak diterimanya. Hingga dia memutuskan untuk membuat thread khusus di Instagram Story. Dan munculah hashtag yang membuatnya semakin populer di Instagram karena ciri khas pembahasannya seputar kehidupan seks pasutri yang disebutnya sebagai #teronglyfe.

Bagaimana cerita Citra seputar #teronglyfe ini? Simak terus wawancara Wolipop selanjutanya dengan Citra sang tetegram.





Simak Video "Viral! Polwan China Menyusui Bayi Terdakwa Kasus Kriminal"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)