ADVERTISEMENT

Viral Bikin Geram, Rumah Bantuan Ditinggal Penyewa dalam Kondisi Penuh Sampah

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 04 Jan 2023 13:45 WIB
Beredar viral pemilik rumah sewa viral, jorok dan penuh sampah. Kondisi rumah sewa penuh sampah, kotor dan rusak, membuat pemilih rumah terkejut. Foto: Dok. Facebook I Love Tanjong Karang.
Malaysia -

Aksi seseorang yang tergolong penerima zakat di Malaysia atau disebut dengan Asnaf ini menjadi sorotan warganet. Dia meninggalkan rumah sewaan dalam keadaan yang kotor dan rusak.

Orang yang identitasnya tak disebutkan itu mendapatkan bantuan rumah sewa setiap bulan dari Lembaga Zakat Selangor (LZS). Aksi orang tersebut meninggalkan rumah bantuan dalam kondisi kotor dan rusak ini viral setelah diunggah lewat akun Facebook I Love Tanjong Karang.

"Subhanallah, kotor dan hancur rumah sewa dengan tagihan tidak dibayar, telepon tidak diangkat, kena block dan tidak tahu ingin mencari penyewa ini di mana," tulis akun Facebook tersebut.

Beredar viral pemilik rumah sewa viral, jorok dan penuh sampah.Beredar viral pemilik rumah sewa viral, jorok dan penuh sampah. Foto: Dok. Facebook I Love Tanjong Karang.

Dalam unggahan yang viral itu terlihat kondisi di dalam dan luar rumah yang sudah kosong. Rumah sewaan itu ditinggalkan dalam keadaan kotor dan tidak terurus.

Lokasi rumah bantuan itu terletak di Batu 11 Tanjong Karang, Selangor, Malaysia. Aksi penerima bantuan rumah yang meninggalkan huniannya dalam kondisi penuh sampah tersebut langsung menuai kritik pedas dari warganet.

"Mental sudah tidak bisa ditolong, tak amanah menjaga rumah dengan baik, tidak bisa menjaga kebersihan," ucap netizen lain.

"Kebersihan sebagian dari iman. Sudah dibantu kenapa buat begini?" tanya netizen tak habis pikir.

Kasihan dengan orang seperti ini. Sudahlah miskin harta, miskin adab lagi. Saya bersimpati," saut netizen lainnya.

Selain itu, netizen juga ikut simpati dengan pemilik rumah sewa karena menanggung biaya untuk memperbaiki rumah.

Beredar viral pemilik rumah sewa viral, jorok dan penuh sampah.Beredar viral pemilik rumah sewa viral, jorok dan penuh sampah. Foto: Dok. Facebook I Love Tanjong Karang.

Unggahan tersebut juga mendapatkan reaksi dari LZS yang memberikan bantuan pada penerima zakat, termasuk bantuan rumah, di Malaysia. Pihak LZS meluapkan rasa kesal dengan tindakan penyewa tersebut.

"Sehubungan itu, pemilik rumah disarankan untuk membuat aduan resmi ke LZS untuk menghentikan rumah sewa yang digunakan untuk bantuan tersebut. Karena penyewa juga sudah tidak lagi menetap di rumah itu," tulis LZS.

LZS juga memberikan peringatan bagi golongan tidak mampu yang menerima bantuan untuk amanah dan bertanggung jawab untuk menjaga rumah sewa.

"Tindakan seperti ini akan menyebabkan asnaf lainnya sulit untuk menyewa untuk ke depannya," lanjut LZS.

Lembaga tersebut telah membantu lebih dari 15.000 keluarga fakir, miskin, dan mualaf di Selangor untuk menerima bantuan sewa rumah. Bantuan berbentuk bulanan itu disalurkan untuk menyantuni keperluan keluarga dari golongan tidak mampu di Selangor.

Simak video 'Viral Warga Santai Buang Sampah Sekarung di Sungai Pasar Cibinong':

[Gambas:Video 20detik]



(gaf/eny)