ADVERTISEMENT

Cek di Rumah Kamu, Siapa yang Punya Produk-produk Ini?

Inkana Izatifiqa R Putri - wolipop Senin, 14 Nov 2022 17:40 WIB
Cek List Kulkas Foto: Shutterstock/
Jakarta -

PT Unilever Indonesia, Tbk. kembali mengajak generasi muda Indonesia untuk membawa perubahan bagi lingkungan dan masyarakat melalui program 'Every U Does Good Heroes 2022'. Melalui program ini, Unilever mengajak masyarakat berbuat baik dengan cara sederhana, salah satunya dengan memilih brand yang memberikan manfaat positif bagi diri, keluarga, dan masyarakat Indonesia.

Dalam kampanye Every U Does Good, Unilever menggandeng 15 brand Unilever Indonesia yakni, Rinso, Lifebuoy, Pepsodent, Vaseline, Royco, Buavita, Dove, SariWangi, Wall's, Clear, Bango, Rexona, Sunsilk, Glow & Lovely, serta Sunlight.

Adapun ke-15 brand tersebut memiliki tujuan sejalan dengan tiga pilar kebaikan 'The Unilever Compass', yakni membangun planet lebih lestari, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan berkontribusi pada masyarakat yang lebih adil dan inklusif. Berikut ini beberapa capaian brand-brand Unilever Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera.

Sederet Capaian Brand Unilever Indonesia Wujudkan Masyarakat Sehat & Sejahtera

1. Pepsodent

Sejak 1995, Pepsodent melalui kampanye #SenyumIndonesiatelah mengajarkan kebiasaan baik merawat gigi dan mulut ke lebih dari 25 juta anak Indonesia. Pepsodent juga menghadirkan layanan Konsultasi Gigi Gratis (Teledentistry) yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia secara daring. Pada 2025, Pepsodent menargetkan lebih banyak anak dan keluarga Indonesia yang terlindungi dari masalah gigi dan mulut.

Pepsodent juga menggelar program pendidikan dan pelatihan profesionalisme Kedokteran Gigi kepada 10.000 dokter gigi Indonesia berkolaborasi dengan Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI) sebagai upaya dalam mewujudkan #SenyumIndonesia.

2. Lifebuoy

Lifebuoy bermitra dengan sekolah, posyandu, pesantren dan rumah sakit secara konsisten melakukan edukasi CTPS di 5 momen penting yakni, sebelum makan, setelah batuk, setelah bermain, ketika pulang ke rumah, dan setelah dari toilet.

Sejak 2005, edukasi cuci tangan pakai sabun telah menjangkau 100 juta masyarakat indonesia.Di tengah pandemi, Lifebuoy tetap memaksimalkan edukasi dengan memanfaatkan media daring demi membantu melindungi kesehatan dan keselamatan semua pihak.

3. Rinso

Rinso mengedukasi konsumen untuk mengurangi penggunaan plastik melalui kampanye 'Yuk Mulai Bijak Plastik' dan 'Generasi Pilah Plastik'. Pada tahun 2022, lebih dari 60 ribu ton sampah plastik dikirimkan dari 50 ribu partisipan dalam program #generasipilahplastik. Hingga saat ini Rinso telah menginspirasi 15 juta orang untuk mulai langkah bijak plastik.

Rinso juga meluncurkan kemasan pouch hasil daur ulang pertama di Indonesia dan menargetkan 3 juta masyarakat Indonesia untuk mulai bijak plastik dengan menggunakan kemasan pouch plastik hasil daur ulang tersebut.

4. Sunlight

Sunlight mendorong lebih dari 2 juta wanita jadi pengusaha makanan yang berisi rangkaian edukasi dan inspirasi, seperti rekrutmen pengusaha makanan, kelas pengembangan bisnis, hingga festival foodpreneur. Ke depan, Sunlight menargetkan untuk menginspirasi 5 juta wanita dan mengedukasi 50.000 pengusaha makanan wanita di Indonesia di 2023.

5. Sariwangi

SariWangi mendukung edukasi keharmonisan keluarga melalui kampanye #MariBicara selama lebih dari 13 tahun untuk menyatukan keluarga Indonesia. SariWangi mengawalinya dengan menerbitkan buku "Mari Bicara" pada 2017, dan telah menjangkau 1 juta pembaca.

Pada 2020, #MariBicara telah menginspirasi 50 juta masyarakat Indonesia untuk menciptakan keharmonisan dan kebersamaan dalam keluarga melalui berbagai macam program seperti iklan televisi, workshop, hingga konseling digital.

6. Bango

Sejak 2001, Bango telah bantu mendungkung lebih dari 10.500 petani kedelai hitam Mallika hidup lebih produktif dan sejahtera melalui edukasi praktik pertanian berkelanjutan yang telah mencakup lebih dari 3.900 hektar lahan pertanian di beberapa wilayah di Jawa. Upaya ini pun telah mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Bango juga melibatkan peran aktif dari 10 juta masyarakat Indonesia untuk melestarikan kuliner legendaris Indonesia ala Festival Jajanan Bango dengan memberikan inspirasi resep legendaris secara digital.

7. Glow & Lovely

Sejak 2017, Glow & Lovely menghadirkan kampanye #CerahkanPendidikanIndonesia dengan membuka akses ke pendidikan tinggi melalui program 'Glow & Lovely Bintang Beasiswa'. Setiap tahun, 'Glow & Lovely Bintang Beasiswa' secara konsisten mendukung 60 perempuan muda Indonesia berprestasi berkuliah di perguruan tinggi negeri favorit mereka.

Di masa pandemi, Glow & Beauty menyerahkan beasiswa pendidikan seumur hidup bagi 54 anak para perawat yang gugur saat menangani pandemi COVID-19. Glow & Lovely juga turut menginspirasi perempuan muda Indonesia menggali potensi dan meningkatkan kapasitas mereka melalui beragam kelas gratis di KelasBerbagiCerah.com yang saat ini telah diakses oleh 100.000 orang.

Kristy menjelaskan dengan sesederhana memilih brand tersebut, konsumen telah turut berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil dan inklusif. Menurutnya, sinergi antara brand dan orang-orang dengan purpose yang kuat akan bisa membawa perubahan yang baik bagi masyarakat dan lingkungan dalam skala lebih besar.

"Oleh karena itu, melalui 'Every U Does Good Heroes', kami ingin melahirkan sociopreneurs masa depan yang piawai menggunakan berbagai perspektif bisnis dalam mengatasi masalah dan mendorong dampak positif bagi lingkungan dan sosial. Pada pelaksanaan perdananya tahun lalu, program ini telah menjangkau ratusan anak muda yang memiliki ide, gerakan ataupun program yang luar biasa," katanya.

Hadirkan Mentor Inspiratif

Lebih lanjut, Kristy mengungkapkan pada program Every U Does Good Heroes kali ini, pihaknya juga menggandeng melibatkan sederetan mentor inspiratif, yaitu CEO & Founder Waste4Change, Mohamad Bijaksana Junerosano, Kepala Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari Gita Syahrani, Co-Founder Indonesian Tempe Movement Dr. Driando Ahnan, Staf Khusus Presiden RI & Co-Founder Toleransi.id Ayu Kartika Dewi, dan Disability Womanpreneur Nicky Clara.

Nantinya, lanjut Kristy, kesepuluh heroes terbaik bukan hanya mendapatkan micro grant dari Unilever Indonesia, namun juga pendampingan berkelanjutan dari para mentor berpengalaman. Dengan demikian, para heroes dapat menempa kemampuan untuk menjawab tantangan dan peluang dalam memperluas skala gerakan atau program mereka.

Kristy berharap hadirnya program ini dapat mencetak sociopreneur andal yang dapat mendorong generasi muda mewujudkan Indonesia yang lebih sejahtera.

"Semoga seluruh peserta akan mendapatkan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang mampu mengasah kemampuan mereka untuk menjadi sosok sociopreneur yang handal, sehingga memberikan dampak nyata dalam menyebarluaskan semangat kebaikan di tengah generasi muda Indonesia," tutup Kristy.

Sebagai informasi, para peserta dapat mendaftar melalui laman https://s.id/EUDGHeroes2022 mulai tanggal 1 - 25 November 2022. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program ini silakan kunjungi Instagram @unileveridn.



Simak Video "Alasan Direktur Unilever Indonesia Mengundurkan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)