Sampah di RI 2020 Capai 67,8 Ton, Pilah Sampah Bisa Selamatkan Bumi

Alfi Kholisdinuka - wolipop Selasa, 15 Jun 2021 19:31 WIB
sampah Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Sampah plastik yang terus menumpuk dapat menjelma jadi petaka yang merusak alam khususnya alam Indonesia. Bagaimana tidak, timbunan sampah setiap tahun yang terus bertambah menjadi persoalan serius yang dapat mengancam kelestarian lingkungan di bumi.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) timbunan sampah di Indonesia sendiri tahun 2020 ditaksir mencapai 67,8 juta ton, adapun 15% nya merupakan sampah plastik. Sementara, 88,17% sampah plastik itu diangkut ke TPA hingga berserakan di lingkungan.

Menurut Head of Corporate Affairs and Sustainability PT Unilever Indonesia Tbk Nurdiana Darus, hal ini tentu menjadi perhatian bagi semua pihak. Oleh karenanya, pihaknya mendorong konsistensi bersama stakeholder untuk mengurai permasalahan lingkungan ini dimulai dari sampah rumah tangga.

"Kami memiliki komitmen yang cukup ambisius, namun kami sangat optimis bahwa komitmen ini dapat kami realisasikan melalui upaya yang berkelanjutan," ujarnya dalam webinar #GenarasiPilahPlastik di detikcom, Selasa (15/6/2021).

Dia menuturkan merujuk ke United Nation Decade On Ecosystem Restoration 2021-2030 yang dirilis pada hari lingkungan hidup, PBB sudah menegaskan pengumpulan atau pemilahan sampah rumah tangga sehingga tidak tercecer di lingkungan, serta upaya daur ulang plastik agar tidak berakhir di TPA sangat baik bagi kelestarian bumi.

"Oleh karenanya, hal ini harus semakin digalakkan, termasuk dengan mendorong peran aktif dari seluruh konsumen sebagai penghasil sampah rumah tangga," jelasnya.

Nurdiana pun percaya peran masyarakat dan ketersediaan sarana pendukung untuk menerapkan pilah sampah merupakan dua hal yang dibutuhkan saat ini. Oleh karenanya, melalui digitalisasi bank sampah yang digagas perseroan, dia yakin masyarakat dapat memastikan bahwa sampah yang dipilah akan ditangani dengan baik, untuk kemudian disalurkan ke rantai daur ulang.

"Saya berharap ajakan #GenerasiPilahPlastik ini bisa mendorong konsumen berbagi peran mulai dari lingkungan terkecil dengan menanamkan kesadaran bahwa memilah sampah plastik dari rumah dan membawanya ke Bank Sampah merupakan hal yang mudah dan bermanfaat untuk diri sendiri, masyarakat maupun lingkungan," jelasnya.



Simak Video "Dukungan Unilever untuk Indonesia Sehat dan Sejahtera"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/eny)