ADVERTISEMENT

Viral Bathtub Termahal di Dunia, Terbuat dari Fosil Kayu Hutan Indonesia

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 22 Jul 2022 12:45 WIB
Bathtub Termahal dari Petrified Wood Bathtub termahal yang terbuat dari petrified wood. (Foto: Dok. INDEX)
Jakarta -

Baru-baru ini, viral video bathtub yang diklaim sebagai bak mandi termahal di dunia. Kamu keliru jika membayangkan bak tersebut terbuat dari emas karena material utamanya justru kayu fosil yang ditemukan di hutan Indonesia.

Video yang dimaksud merupakah unggahan ulang @lagi.viral, Senin (18/7/2022). Di video tersebut, seorang wanita yang mengaku sedang berada di Dubai menemukan bathtub termahal sedunia.

"Ini bathtub terbuat petrified wood," kata wanita bermasker putih tersebut sebelum mengungkap harga baknya yang mencapai 3,6 juta dirham atau sekitar Rp 14,7 miliar.

Pada akhir Maret 2018, INDEX, sebuah pameran interior di Dubai World Trade Centre, juga memamerkan bak yang dibuat dari petrified wood karya desainer Nigel Fenwick.

"Cerita di balik bathtub yang cantik dan langka ini menggambarkan betapa berisiko dan dramatisnya perjalanan dalam menemukan sebuah mahakarya seni," kata Nigel seperti dikutip Popsugar.

Bathtub Termahal dari Petrified WoodBathtub termahal yang terbuat dari petrified wood. (Foto: Dok. INDEX)

Kabarnya, Nigel menemukan material tersebut dari sebuah hutan di Indonesia. Petrified wood merupakan kayu fosil yang terbentuk setelah pohon terkubur sedimen dalam waktu yang sangat lama dan terlindung dari oksigen dan organisme lain.

Namun, air tanah yang mengalir ke kayu membawa unsur-unsur lain seperti silika, kalsit, pirit dan opal. Akibatnya, kayu mengeras seperti batu. Tak heran, bila berat petrified wood yang dibawa Nigel mencapai 16 ton.

Butuh waktu hingga delapan bulan bagi Nigel untuk memahat kayu tersebut hingga menghasilkan sebuah bathtub. Namun, menurutnya perjuangan tersebut sepadan dengan hasilnya.

Nigel meyakini, kayu jenis ini tak hanya indah secara estetika, tapi sekaligus memiliki manfaat bagi ketenangan jiwa. "Petrified wood adalah salah satu jenis kayu yang sangat langka sekaligus material terindah di dunia. Kayu ini juga sangat berkhasiat untuk proses penyembuhan jiwa, bahkan dapat memperpanjang usia," katanya.

Kala itu, bak karya Nigel ini dijual seharga US$ 2 juta atau sekitar Rp 30 miliar bila menggunakan kurs saat ini (US$ 1 = Rp 15.000).



Simak Video "Kaesang Siapkan Undangan Untuk Netizen: 10 Undangan Cukup?"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)
Live Breaking News
×
Perdebatan Jelang Pengesahan RKUHP
Perdebatan Jelang Pengesahan RKUHP Selengkapnya