ADVERTISEMENT

4 Tips Ciptakan Studio Gym di Rumah untuk Cara Hidup Lebih Sehat

Hanifa Widyas - wolipop Rabu, 22 Jun 2022 11:32 WIB
ACE Hardware Foto: ACE Hardware
Jakarta -

Di masa pandemi COVID-19, kesehatan dan stamina kuat merupakan hal yang paling dibutuhkan saat ini. Untuk itu, menjalankan gaya hidup sehat dengan menjaga asupan makanan yang bergizi dan rutin berolahraga sangat diperlukan.

Gym atau pusat kebugaran adalah salah satu alternatif tempat yang dapat dikunjungi untuk berolahraga. Namun, kamu juga dapat membuat studio gym sendiri di rumah jika ingin berlatih secara mandiri. Membuat studio gym sendiri di rumah membuat kamu lebih aman dan nyaman karena tidak bergantian alat dengan orang lain.

Selain itu, waktu latihan akan lebih fleksibel tanpa harus bergantung pada jam operasional tempat gym, serta bebas repot karena tidak perlu parkir, antre di loker atau di ruang ganti. Sebelum memutuskan untuk membuat studio gym di rumah, simak apa saja yang perlu kamu persiapkan!

1. Persiapkan Ruangan Khusus untuk Berolahraga

Ruangan kosong yang jarang dipakai atau salah satu sudut di rumah dapat kamu manfaatkan sebagai studio gym. Pastikan ruangan yang dipilih menggunakan AC atau yang mempunyai jendela menghadap ke luar agar sirkulasi udara baik dan nyaman. Jangan lupa melengkapi ruangan dengan penjernih udara untuk udara lebih segar dan sehat.

Agar tetap aman, lengkapi dengan dengan alas karpet gym dari karet. Sebagai pelengkap, tambahkan cermin besar untuk memantau posisi dan gerakan yang benar untuk menghindari cedera saat berolahraga.

2. Pilih Peralatan Dasar yang Multifungsi

Peralatan studio gym di rumah tidak mungkin selengkap di pusat kebugaran karena terbatasnya ukuran ruangan yang digunakan.Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memilih peralatan dasar dan multifungsi sehingga dalam satu alat bisa digunakan untuk melatih beberapa bagian tubuh.

Sebagai jalan keluar, ACE merekomendasikan beberapa alat multifungsi, di antaranya:

Alat olahraga yang sangat bermanfaat karena multifungsi untuk melatih tubuh bagian atas dan bawah. Alat tersebut dilengkapi sembilan fitur sehingga memiliki banyak fungsi dalam satu alat. Selain itu, alat ini bisa membantu membentuk tubuh yang ideal dan seimbang karena memiliki tingkat beban hingga 60 kilogram.

  • Kinetic Motorized Treadmill Motorized 12p

Kamu bisa latihan kardio menggunakan alat ini karena dilengkapi oleh alat untuk memantau denyut nadi, waktu, jarak, dan kalori yang terbakar serta 12 program latihan. Di samping itu, alat tersebut mampu menahan beban hingga 100 kilogram dan dapat dilipat denganhydraulic systemdan memiliki roda sehingga mudah untuk dipindahkan dan menghemat ruang.

  • Kinetic Sepeda Statis Lipat Ns-658s

Untuk membakar kalori dan lemak secara optimal, kamu bisa berlatih dengan sepeda statis. Sepeda statis ini dapat ditempatkan di ruang yang terbatas karena didesain secara elegan dan ringkas karena dapat dilipat.Sepeda statis ini juga dilengkapi dengan hand pulse dan pegangan yang ergonomis yang nyaman untuk digunakan setiap hari.

3. Lengkapi dengan Peralatan Penunjang

Peralatan penunjang, seperti Smart TV dapat ditambahkan agar berolahraga di rumah semakin seru dan tidak membosankan. Dengan Smart TV, kamu bisaberolahraga sambil menonton panduan berolahraga. Audio sistem juga bisa menjadi pilihan alat penunjang saat berolahraga supaya menambah semangat saat latihan.

4. Pahami Langkah Tepat Gym di Rumah

Setelah semua kebutuhan untuk membuat gym di rumah, pastikan kamu juga memahami dan mengerti langkah-langkah saat gym di rumah. Mulailah rangkaian berolahraga dengan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai latihan inti. Kamu bisa mulai meningkatkan kemampuan secara perlahan-lahan dengan beban yang lebih besar.

Namun, berhati-hatilah dan jangan terlalu memaksakan diri supaya terhindar dari cedera. Kamu bisa berselancar di internet atau aplikasi mobile gym untuk mencari referensi gym di rumah.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat studio gym sendiri di rumah. Segala kebutuhan rumah dan gaya hidup kamu bisa dapatkan di ACE Indonesia.

(akn/eny)