Tak Harus Staycation, Ini 5 Cara Mudah Self Healing di Rumah

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 08 Feb 2022 21:00 WIB
Laughing woman sitting on sofa watch comedy movie on pc enjoy funny videos stand up show online program listens comic feels overjoyed, weekend activities at home, wireless tech internet usage concept Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Pandemi Corona masih membatasi aktivitas kita di keseharian. Berbagai hal mungkin sudah mulai beradaptasi tapi cukup banyak orang masih mengalami kesulitan menghadapi tekanan dan perubahan yang diakibatkannya. Untuk menghindari terganggunya kesehatan mental, kita bisa mencegahnya dengan cara-cara mudah.

Tak harus dengan liburan atau staycation yang meningkatkan risiko terpaparnya virus Corona, 'self healing' atau proses menyembuhkan diri dapat dilakukan di rumah. Belakangan banyak orang beralih ke situs belanja untuk membeli produk-produk 'healing' yang dirasa bisa menenangkan jiwa sekaligus melepas penat dari keseharian.

Menurut Tokopedia, beberapa kategori produk mengalami peningkatan penjualan selama 2021 dibanding tahun sebelumnya. Ekhel Chandra Wijaya selaku Tokopedia mengatakan jika data tersebut bisa menunjukkan bagaimana masyarakat menghibur dan menenangkan diri selama pandemi melanda. Berikut beberapa di antaranya yang bisa menjadi referensi 'self healing' di rumah:

1. Pasang Diffuser
Diffuser adalah alat yang mengubah minyak esensial menjadi uap umumnya untuk aromaterapi. Selama 2021, di Tokopedia pembelian produk tersebut meningkat 1,5 kali. Hal itu bisa diartikan semakin banyak orang butuh ketenangan dan relaksasi. Kamu yang punya masalah susah tidur juga bisa mencoba cara ini.

2. Melukis
Hobi lain yang bisa dilakukan di rumah sebagai self healing adalah melukis. Dikatakan jika pembelian alat lukis meningkat dua kali lipat. Salah satu yang jenisnya yang belakangan jadi tren adalah painting by numbers yakni seperangkat alat lukis dengan gambar yang sudah diberi nomor. Para pelukis hanya perlu mewarnai gambar sesuai dengan nomornya karan itu hobi ini cocok untuk pemula.

3. Kerajinan Tangan
Selain alat lukis, produk kerajinan tangan lain atau DIY (do it yourself) juga meningkat dua kali lipat. Beberapa alasannya adalah banyak orang punya lebih banyak waktu di rumah dan mereka ingin menghias interiornya. Menurut psikolog Indah Sundari, M.Psi., cara ini memang bisa salah satu cara menjaga kesehatan mental.

"Membeli alat-alat kesenian atau sesuai hobi bisa menjadi proses menjaga kesehatan mental karena secara hormon dan akses psikis itu membuat kita merasa lebih bahagia, motivasi dan produktivitas jadinya meningkat begitu juga dengan fokus dan konsentrasi," ujar Indah dalam acara Virtual Media Gathering Hari Pers Nasional: Self-Healing Lewat Berkarya Bareng Tokopedia.

4. Membaca Buku Pengembangan Diri
Hal lain yang bisa menenangkan jiwa adalah membaca buku. Yang menarik, selama pandemi tampaknya banyak orang beralih dari tema cerita fiksi ke pengembangan diri. Mengenali dan mencari cara mengembangkan diri memang penting dilakukan di saat-saat sulit seperti sekarang.

"Selama pandemi banyak orang jadi mengenali diri sendiri karena banyak momen dilakukan sendiri. Karena itu, banyak orang berkembang secara mental, spiritual, dan fisik. Masuk di tahun kedua pandemi, kita mulai mengerti diri kita seperti apa dan apa yang harus kita lakukan setelah beradaptasi dan mulai proses pengenalan dan pendewasaan diri," kata Indah.

5. Olahraga
Sejak pandemi, semakin banyak orang peduli dengan kesehatan. Bukan hanya dengan pakai masker dan mengonsumsi vitamin, olahraga juga ditingkatkan. Karena lebih banyak waktu di rumah dan tidak disarankan banyak bepergian, pembelian alat olahraga juga meningkat. Beberapa produk yang banyak dibeli, antara lain sepatu roda, skateboard, sepatu lari. Yang juga menarik adalah penjualan alat golf melonjak tiga kali lipat.

(ami/ami)