Kenali Warna Cat Rumah dan Efek Psikologisnya Terhadap Penghuni

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 01 Apr 2021 05:30 WIB
Armchair with flowery pillow in blue and white living room Warna cat rumah dan efek psikologisnya terhadap penghuni. (Foto: iStock)
Jakarta -

Warna cat rumah turut menentukan kenyamanan sebuah hunian. Oleh karena itu, tak ada salahnya memilih warna cat rumah yang dapat memberi efek psikologis sehingga sang penghuni makin betah di dalamnya.

"Tak bisa dimungkiri bahwa warna sangat memengaruhi psikologis penghuninya," kata arsitek Ren Katili di acara peluncuran Dulux Promise, Rabu (31/3/2021).

Ren pun merekomendasikan beberapa pilihan warna cat rumah sesuai dengan efek psikologis yang ingin diberikan di hunian.

Warna cat rumah yang menciptakan kehangatan

vibrant orange interior design background with peach colored armchair, lamp and cofee table with roses on modern moulding wall, 3d render Foto: Getty Images/iStockphoto

"Jika Anda misalnya berjiwa dingin yang terkesan tertutup dan ingin menjadi pribadi yang lebih hangat, coba pilih warna cat rumah yang memiliki spektrum ke warna merah," ungkap Ren.

Warna cat rumah yang menenangkan

Armchair with flowery pillow in blue and white living room Foto: iStock

Situasi di luar rumah yang masih belum menentu akibat COVID-19 tanpa disadari memberi dampak negatif pada jiwa dan kesehatan mental. Sebagai tempat berlindung, rumah harus bisa memberi ketenangan bagi penghuninya. "Cat warna biru memiliki efek yang menenangkan di rumah," tutur Ren.


Warna cat rumah untuk mereduksi nafsu makan

Armchair with flowery pillow in blue and white living roomFoto: iStock

Tak cuma menenangkan, menurut Ren, warna biru juga dapat mereduksi nafsu makan. Cocok bagi mereka yang sedang dalam program diet penurunan berat badan.


Warna cat rumah untuk membuat anak lebih aktif

vibrant orange interior design background with peach colored armchair, lamp and cofee table with roses on modern moulding wall, 3d render Foto: Getty Images/iStockphoto

Ingin anak lebih aktif? Ren menyarankan pemakaian warna-warna cerah. "Spektrum warna ini terbukti menstimulasi anak yang cenderung pendiam. Sebaliknya, jika Anda memiliki anak yang hiperaktif, warna kalem bisa menjadi solusi," katanya.

Warna cat rumah untuk fokus

Dining room interior apartment with wooden chairs and table with plant. Pendant lamp, white polished floor and pastel colored wall with picture frame template for copy space. Foto: Getty Images/iStockphoto/ExperienceInteriors

Warna hijau tak hanya menyegarkan suasana rumah, tapi juga membuat Anda lebih fokus saat beraktivitas, entah itu belajar atau bekerja. "Itu mengapa banyak sekolah di Indonesia yang memakai cat warna hijau karena tujuannya membuat murid lebih fokus belajar," tambah Ren tentang warna cat rumah yang satu ini.



Simak Video "Koleksi Yeezy QNTM Amber Tint Dijual Rp 4,3 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)