Cara Bikin Rak Dinding Minimalis yang Simple & Super Kuat

Erika Dyah - wolipop Jumat, 30 Jul 2021 22:45 WIB
Rak Dinding Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Rak dinding merupakan salah satu furniture yang pasti ada di rumahmu. Membuat rak dinding menjadi salah satu proyek pertukangan rumah yang umum dilakukan. Baik dalam bentuk rak dinding utilitas, berdiri bebas, hingga yang dibangun menjadi rangkaian lemari.

Sebagaimana diketahui, membangun rak dinding untuk menopang beban cukup besar seperti tumpukan buku atau peralatan elektronik yang terdiri dari televisi dan sistem audio memang rumit. Jika tak diperhitungkan dengan tepat, rak dinding yang terbuat dari sepotong kayu lapis setebal 3/4 inci dapat melorot di bagian tengah karena berat barang setelah jangka waktu tertentu.

Meski demikian kamu tak perlu khawatir karena ada cara simple untuk bikin rak dinding minimalis yang super kuat bahkan bisa menopang beban yang cukup besar di atas 10 kilogram. Berikut adalah beberapa ide pengerjaan kayu untuk rak dinding super kuat yang bisa kamu coba di rumah.

1. Mempekerjakan Tepi Breadboard

Dengan mempekerjakan tepi breadboard, kamu bisa membuat tepian yang memiliki lapisan halus pada setiap sisi. Adapun untuk pengerjaannya, kamu bisa menggunakan sepotong kayu lapis tebal untuk menutupi tepi kayu lapis yang tidak sedap dipandang.

Cara membuatnya, tutup keempat sisi kayu dengan tepi kayu keras menggunakan sambungan sudut bersambung 45°. Sambungan ini dapat memberikan kekuatan yang cukup besar pada rak, meskipun bisa memakan waktu agak lama untuk membuatnya dengan benar.

Selain itu, kamu juga bisa mewarnai rak dengan warna yang berbeda dari kayu lapis. Cara ini dapat menghasilkan fitur desain minimalis yang estetik serta menonjolkan perbedaan warna kayu yang sempurna.

2. Mengapit Kayu Lapis

Cara lain yang tidak kalah bagus, tetapi jauh lebih simple adalah dengan mengapit dua lapis kayu lapis setebal 3/4-inci untuk membuat rak setebal 1.5 inci. Meski mudah, cara ini sebaiknya dihindari jika kamu menggunakan kayu keras atau kayu dimensional untuk rak dinding buatanmu. Sebab, pemuaian/kontraksi pada kayu dapat menyebabkan tekanan yang tidak semestinya pada sambungan lem antara dua lapisan.

Walaupun demikian, kamu bisa lebih mudah mendapatkan kayu setebal 1.5 inci jika ingin menggunakan kayu keras atau kayu dimensi. Teknik mengapit dua lapis kayu dengan lem di antara potongan ini memang ideal jika kamu berniat menggunakan dua lapis kayu lapis.

Caranya mudah, cukup oleskan lem tipis ke semua permukaan kayu dan tekan bersama, pegang lapisan yang diapit dengan penjepit sampai lem mengering. Setelah lem mengering, lepaskan penjepit, kikis sisa lem yang keluar dari samping dan rapikan permukaan yang terbuka dengan potongan berukuran 1" x 2" di kayu pilihanmu.

Kamu bisa mulai cara ini dengan dua potong kayu lapis yang ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran rak jadi. Dengan cara itu, rak kayu lapis yang diapit dapat dengan mudah dipangkas pada keempat sisinya untuk mendapatkan ukuran akhir yang diinginkan. Papan yang kamu buat kemudian dapat dipasang ke tepi rak menggunakan sambungan atau paku penutup.

Setelah tahu cara membuat rak dinding minimalis yang super kuat dengan cara simple, kamu mungkin akan membutuhkan beberapa jenis furniture lain untuk mengisi tampilan rumah. Kamu bisa temukan berbagai jenis furniture perlengkapan rumah pilihan rumah di Ruparupa.com.

Ruparupa.com selalu memiliki penawaran menarik untuk setiap pembelian. Tak hanya itu, tersedia juga pilihan perlengkapan furnitur dapur yang beragam seperti kursi makan, meja makan dan dan set meja makan. Bahkan, Harga kursi makan yang dijual pun tergolong murah mulai dari Rp 197.000 saja loh!

(ncm/ega)