7 Alternatif Simpan Pakaian Tanpa Lemari, Hemat Tempat di Rumah Minimalis

Hestianingsih - wolipop Kamis, 17 Jun 2021 21:00 WIB
Collection of female clothes hanging on rack in dressing room Foto: dok. Istock
Jakarta -

Lemari pakaian merupakan salah satu furnitur yang cukup memakan tempat dalam ruangan. Bagi rumah minimalis dengan ruang terbatas, tentu harus lebih memutar otak, agar ruangan tetap terkesan lega.

Untuk menghemat ruang, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan furnitur selain lemari dengan bentuk yang lebih compact. Selain tidak memerlukan banyak ruang juga bisa membuat kamar tampak lebih estetik, modern dan simpel.

Berikut ini tujuh alternatif tempat menyimpan pakaian tanpa lemari yang bisa jadi pilihan.

1. Gantungan Pakaian

Clothing and Footwear (Click for more)Tempat penyimpanan pakaian. Foto: dok. Istock

Rak pakaian merupakan cara yang simpel untuk menciptakan ruang tapi tidak terlalu banyak menghabiskan tempat. Benda satu ini dapat digunakan untuk menggantung berbagai jenis busana mulai dari blouse, kemeja, jaket, celana, bahkan tas.

Selain itu menyimpan pakaian dengan cara menggantungnya di rak juga lebih efisien. Artinya, kamu tidak perlu menghabiskan waktu lebih untuk melipat pakaian. Kamu bisa membeli tambahan aksesori seperti cover pakaian untuk mencegah kain terkena debu.

2. Kombinasi Rak dan Gantungan Pakaian

Collection of female clothes hanging on rack in dressing roomTempat penyimpanan pakaian. Foto: dok. Istock

Kombinasi rak dan gantungan pakaian bisa membuat tempat penyimpanan baju terlihat lebih rapi. Gunakan gantungan untuk menaruh pakaian yang memang harus digantung seperti gaun, kemeja atau baju luaran.

Sementara rak sebagai penyimpan kain yang perlu dilipat misalnya t-shirt, underwear atau kaus kaki. Tidak hanya pakaian, rak juga bisa difungsikan sebagai tempat menaruh sepatu, tas, atau aksesori lainnya.

3. Laci

Baby room interior design. Chest of drawers with changing pad and tray in nursery. Infant baby room.Tempat penyimpanan pakaian. Foto: dok. Istock

Laci bisa jadi pilihan jika kamu tetap menginginkan tempat penyimpanan pakaian yang tertutup, tapi juga menghemat ruang. Pilih laci dengan bentuk geometris yang simpel, tanpa aksen rumit pada sudut-sudutnya.

Bagian atas laci bisa kamu fungsikan sebagai meja untuk menaruh benda-benda lainnya. Misalnya cermin, makeup, skincare atau aksesori berukuran kecil.

4. Kotak Penyimpanan di Bawah Tempat Tidur

Fireplace near bed with knit blanket in boho bedroom interior with posters and rattan bagTempat penyimpanan pakaian. Foto: dok. Istock

Untuk lebih menghemat tempat, kamu bisa menggunakan kotak atau keranjang dengan berbagai ukuran lalu menempatkannya di bawah tempat tidur. Pastikan ada ruang yang cukup untuk menempatkan kotak-kotak tersebut sehingga kamu mudah menarik kotak keluar saat akan memakai baju.

Selain itu yang tak kalah penting adalah jaga selalu kebersihan di bawah tempat tidur. Gunakan vacuum cleaner atau sapu untuk membersihkan bawah tempat tidur secara berkala. Agar terhindar dari debu, pilih kotak penyimpanan yang dilengkapi dengan tutup.

5. Lemari Pakaian Portable

Mobile clothes organizer with black and white clothing and shoes.Tempat penyimpanan pakaian. Foto: dok. Istock

Lemari portable juga bisa dijadikan alternatif menyimpan pakaian yang hemat tempat. Bentuk lemari terbuat dari parasut atau nilon ini biasanya kotak atau persegi panjang dan hadir dalam berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan ruangan.

Kamu bisa menempatkan baju hingga sepatu di dalam lemari portable ini. Namun ada satu kekurangannya, yakni cenderung tidak tahan lama, apabila diberi beban yang terlalu berat. Jadi sesuaikan dengan kapasitas, ya.

6. Sebagai Aksen untuk Mempercantik Ruangan

The scene was rendered with photorealistic shaders and lighting in Autodesk® 3ds Max 2016 with V-Ray 3.6 with some post-production added.Tempat penyimpanan pakaian. Foto: dok. Istock

Jika koleksi pakaian tidak terlalu banyak, kamu bisa menempatkannya di gantungan berdesain estetik. Pilih gantungan dengan palet netral yang masuk ke semua warna pakaian.

Gantungan pakaian bisa ditempatkan secara menyebar di dalam ruangan. Baik itu sudut kamar, belakang tempat tidur atau dekat pajangan dinding.

7. Stacking atau Kotak Tumpuk

Woman hands placing wardrobe drawer organizers with full of folded underwears. Sock drawer with folded socks. Perfect and neatly setting of clothes. Linen drawer organization solution. Perfectionist.Tempat penyimpanan pakaian. Foto: dok. Istock

Kamu bisa menggunakan beberapa kotak yang bisa ditata dengan cara ditumpuk tapi tetap rapi. Selain menjaga pakaian terkena debu, metode stacking ini juga dapat menghemat tempat secara signifikan.

Hanya saja mungkin sedikit merepotkan jika ingin mengeluarkan pakaian, karena harus mengangkat kotak satu per satu apabila baju yang akan kamu kenakan berada di kotak paling bawah. Tapi jika bisa menghemat ruang di rumah minimalis, tentu kerepotan itu sepadan.

Jadi, tidak harus selalu menggunakan lemari pakaian untuk menyimpan koleksi busana kamu kan?

(hst/hst)