4 Gaya Menata Kamar Tidur yang Bisa Ungkap Kepribadian Seseorang

Hestianingsih - wolipop Jumat, 06 Des 2019 08:10 WIB
Ilustrasi kamar tidur. Foto: iStock
Jakarta - Cara menata kamar bisa mengungkapkan sedikit banyak tentang kepribadian orang yang menempatinya. Bagaimana dengan karakter kamu?

Profesor ilmu psikologi dari The University of Texas Sam Gosling mengatakan melongok kondisi kamar seseorang adalah cara paling efektif untuk mengenali sifatnya. Sebab di dalam kamar bisa terlihat identitas, kebiasaan dan memori.

"Jika saya masuk ke dalam kamar kamu, ada kumpulan informasi (yang bisa dilihat) dari beberapa minggu, bulan atau tahun lalu, yang sering kali tidak bisa dibuat-buata dan bisa menjadi indikator yang lebih bisa dipercaya tentang siapa orang itu sebenarnya," jelas Sam, seperti dikutip dari BBC.

Dari penelitian yang telah dilakukan Sam, ia menemukan sedikitnya ada empat karakter orang secara umum yang bisa dilihat dari penataan kamarnya. Kira-kira kamu orang seperti apa?

1. Kamar Minimalis
Foto: iStock

Tidak terlalu banyak furnitur dan perabotan adalah ciri-ciri kamar minimalis. Biasanya hanya ada barang yang fungsional seperti tempat tidur, lemari pakaian, meja dan lampu kerja atau rak. Tidak ada pajangan, dinding dicat putih atau warna netral, bantal pun seperlunya saja untuk tidur.

"Kamar tidur minimalis mengindikasikan bahwa orang tersebut cenderung introvert. Mereka fokus dengan diri sendiri dan tidak suka mengekspresikan emosi secara gamblang. Bisa juga ada elemen kehati-hatian yang mengharuskan dia untuk disiplin dan minimal," tutur psikolog perilaku Patrick Fagan.

Sementara itu Sam berpendapat bisa jadi kamar minimalis mencirikan sifat dua orang yang berbeda. Jika minimalis karena dia memang tidak terlalu peduli dengan isi kamar, "Maka dia orang yang konvensional dan pemikirannya lebih tradisional."

Tapi apabila lebih karena menyukai gaya interior minimalis, menandakan dia adalah seseorang yang ingin semuanya terkontrol dengan baik. "Hal-hal yang berantakan akan sangat mengganggu mereka," kata Sam.


2. Kamar Berantakan
Foto: iStock

Pemilik kamar ini jarang membereskan tempat tidurnya di pagi hari. Banyak barang berceceran atau menumpuk di lantai meskipun di kamarnya ada lemari dan laci dengan enam rak penyimpanan. Belum lagi tumpukan baju kotor di sudut ruangan meskipun dia sudah menaruh keranjang khusus laundry.

"Rata-rata orang yang kamarnya berantakan dan kurang bersih cenderung kurang bisa diandalkan dan sulit diarahkan. Jadi mungkin saja dia sering terlambat atau mengerjakan tugasnya setengah-setengah dan tidak menyelesaikannya," kata Sam.

Meskipun mungkin pribadi orang tersebut tidak seperti itu, tapi kesan yang muncul lebih banyak seperti itu. Dalam penelitiannya Sam menemukan ketika orang masuk ke kamar tidur yang berantakan mereka akan berasumsi bahwa pemiliknya susah diatur, kurang baik dan kurang rasa simpati.

"Jadi kalau kamar tidurmu berantakan, orang mungkin akan salah berasumsi tentang kepribadianmu yang sebenarnya," saran Sam.

3. Glamor
Foto: iStock

Kamu suka menata kamar dengan lampu chandelier, meja rias berhias ukiran, tempat tidur bak putri raja atau banyak pajangan berwarna emas? Maka kamu masuk dalam kategori ini. Apa artinya?

"Kamar tidur yang sempurna seperti ini mengindikasikan pemiliknya adalah orang yang sangat teliti. Menyukai kamar yang bagus adalah sinyal bahwa orang tersebut berkepribadian ekstrovert dan berharap tamunya mau masuk dan menghabiskan waktunya di situ," terang Sam.

Di sisi lain, psikoterapis Emma Azzopardi berpendapat bahwa gaya penataan kamar seperti ini mencirikan dia sangat mempedulikan penilaian orang lain terhadap dirinya. Entah itu saat selfie di kamar atau memotret kondisi kamar untuk konten Instagram.

"Mereka mungkin terlalu memikirkan karakter publik dan ingin mengatur apa yang harus orang lain lihat dari dirinya, bukannya jujur menunjukkan dirinya," jelasnya.


4. Artsy
Foto: iStock

Seperti tipe glamor, pemilik kamar yang artsy juga suka menata kamar dengan hiasan dan barang-barang. Tapi biasanya yang memilki makna atau kenangan tersendiri dalam hidupnya. Dia menata kamar secara artistik lebih untuk kenyamanan. Bukan untuk diperlihatkan ke orang lain.

"Orang ini cenderung berpikiran terbuka tapi juga kurang terorganisir. Mungkin saja pemilik kamar seperti ini orang yang liberal, suka berpetualang, bohemian dan punya banyak pemikiran," pungkas Patrick.



Simak Video "Melihat Pameran Interior dan Furniture yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)