Mengenal Tanaman Hias Zebra dan Cara Merawatnya

Tim Haibunda - wolipop Minggu, 04 Apr 2021 17:35 WIB
Close photo of the plant Aphelandra Squarrosa. The photo was taken from the top. The plant is in the flowerpot. Tanaman hias zebra. Foto: Getty Images/iStockphoto/Caner CIFTCI
Jakarta -

Tanaman hias jenis calathea ini juga dikenal dengan nama tanaman hias zebra. Seperti apa tanaman hias yang memiliki motif cantik ini? Bagaimana cara merawat tanaman hias zebra?

Tanaman hias zebra populer dengan nama calathea zebrina atau aphelandra squarrosa. Tanaman hias zebra termasuk tanaman tropis yang berasal dari Brasil. Biasanya, tanaman hias ini diletakkan di dalam ruangan karena daunnya yang cantik dan sedap dipandang.

Tanaman hias zebra memiliki daun gelap dengan garis-garis menyerupai urat yang cantik. Tanaman hias zebra juga memiliki bunga yang berwarna-warni.

Pada tanaman hias zebra yang sudah tumbuh dewasa, tingginya bisa mencapai 60 cm jika dirawat di dalam ruangan. Sedangkan untuk tanaman hias zebra yang dirawat di luar ruangan, saat dewasa tingginya bisa mencapai hampir dua meter.

Dalam merawat tanaman hias zebra bisa menjadi tantangan tersendiri. Tanaman hias zebra membutuhkan kelembapan, kehangatan, dan nutrisi yang cukup.

Berikut cara merawat tanaman hias zebra:

Close photo of the plant Aphelandra Squarrosa. The photo was taken from the top. The plant is in the flowerpot.Tanaman hias zebra. Foto: Getty Images/iStockphoto/Caner CIFTCI

1. Cahaya untuk Tanaman Hias Zebra

Seperti dikutip dari The Spruce, tanaman hias zebra akan tumbuh dengan subur dengan cahaya yang tidak langsung. Dengan cahaya ini, tanaman hias zebra bisa menyesuaikan habitat aslinya yang tumbuh di bawah pohon di hutan tropis.

Sinar matahari langsung yang terlalu lama bisa membuat daun tanaman hias zebra jadi hangus. Namun, jangan sampai tanaman zebra tidak mendapatkan sinar, ya. Tanaman zebra bisa jadi tidak akan mekar.

2. Tanah untuk Tanaman Hias Zebra

Tanaman hias zebra akan tumbuh dengan baik dengan tanah yang netral hingga asam. Campuran tanah serbaguna juga sudah cukup untuk menumbuhkan tanaman hias zebra.

Kamu juga bisa memasukkan pasir ke dalam campuran tanah untuk memastikan air yang masuk tetap mengalir dengan baik. Beri tanaman hias zebra pupuk setiap satu hingga dua minggu selama musim kemarau agar bisa berbunga.

Perawatan tanaman hias zebra berikutnya, KLIK DI SINI.

(eny/eny)