5 Jenis Tanaman Hias Kaktus dan Cara Merawatnya

Tim Haibunda - wolipop Kamis, 18 Mar 2021 21:06 WIB
Morning outdoor activity to watering cactus pot plant, copy space Tanaman hias kaktus. Foto: Getty Images/iStockphoto/Sundaemorning
Jakarta -

Tanaman hias masih menjadi hobi yang tren di 2021 ini. Salah satu jenis tanaman hias yang bisa kamu rawat sekaligus mempercantik rumah adalah kaktus. Apa saja jenis tanaman hias kaktus yang cocok untuk halaman rumah?

Tanam hias kaktus cocok ditanam di wilayah beriklim tropis. Bentuknya bermacam-macam, begitu pula ukurannya, ada yang kecil hingga besar.

Berikut lima jenis tanaman hias kaktus dan cara merawatnya:

1. Kaktus candelabra (Myrtillocactus cochal)

Pada habitat aslinya, kaktus candelabra tumbuh di lereng bukit, sehingga penanaman di lereng memberikan tampilan yang lebih alami. Kaktus candelabra bisa tumbuh mencapai tinggi sekitar 3m.

Seperti dikutip dari The Spruce, ciri utama tanaman hias ini adalah batang berwarna hijau yang diselimuti oleh duri abu-abu. Bentuknya bisa menjadi sangat indah jika dirawat dengan baik.

Salah satunya dengan memperhatikan penyiramannya. Cara penyiraman terbaik pada kaktus ini adalah menghindari jumlah air yang berlebihan.

2. Kaktus strawberry hedgehog (Echinocereus engelmanii)

Kaktus strawberry hedgehog adalah spesies yang berbunga dalam keluarga Cactaceae. Kaktus ini sebagian besar dapat ditemukan di daerah gurun di barat daya Amerika Serikat dan beberapa daerah dekat Meksiko termasuk Sonora, California, Arizona, Utah, dan Nevada.

Pada habitat aslinya, kaktus ini sangat populer dan sering digunakan sebagai tanaman hias lanskap. Tanaman hias ini sangat popular karena mudah beradaptasi dalam segala iklim. Banyak yang menanam tanaman hias ini dalam campuran media tanam pot yang sesuai, dengan drainase serta aerasi yang sangat baik.

3. Kaktus uban/Kaktus orang tua (Cephalocereus senilis)

Kaktus uban membutuhkan iklim yang panas, kering, dan sinar matahari yang cerah secara langsung. Tanaman hias ini memiliki ciri khas bulu putih halus di permukaannya. Duri panjang yang ada di tubuhnya digunakan oleh kaktus Uban untuk menjaga kesejukan di habitat aslinya.

Kaktus uban bisa mencapai tinggi 13 m, tetapi umumnya tanaman hias ini tumbuh lambat dalam pot. Cara menanam kaktus uban yang tepat adalah menggunakan campuran pasir, perlit, dan tanah lapisan atas untuk pertumbuhan kaktus dalam ruangan.

Selain itu, kamu bisa juga gunakan pot tanpa glasir untuk menumbuhkan kaktus orang tua. Walaupun, ini akan memungkinkan kelembapan yang berlebihan.

Perlu diingat, kaktus orang tua adalah tipe tanaman yang menyukai tanah kering. Sehingga, tanah yang kelebihan air akan menyebabkan pembusukan dan hama penyakit. Selain itu, kamu juga harus meletakkan kaktus ini ditempat yang teduh, tetapi masih mendapatkan sinar matahari yang cenderung hangat untuk menjaga kualitas kaktus.

Apalagi tanaman hias kaktus yang bisa ditanam di halaman rumah? KLIK DI SINI.



Simak Video "Aksi Wanita Korsel Bela Atlet yang Dikritik Gegara Rambut Pendek"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)