6 Tanaman Hias untuk Mengatasi Rayap di Rumah

Tim Haibunda - wolipop Jumat, 26 Feb 2021 19:33 WIB
Workers harvest marigold flowers in Bali, Indonesia Monday, Sept. 21, 2020. Hindus in Indonesia often use flowers while praying as offering. (AP Photo/Firdia Lisnawati) Foto: AP/Firdia Lisnawati
Jakarta -

Pusing dengan rayap yang menggerogoti perabotan atau perlengkapan rumah? Kamu bisa mencoba mengusir rayap dengan tanaman hias.

Rayap atau inai-inai adalah hama kecil yang bisa menyebabkan rumah jadi rusak parah, terutama di bagian-bagian yang terbuat dari kayu. Rayap bisa memakan hampir semua hal yang bisa menopang rumah. Karena itu, rayap bisa menimbulkan kerugian secara ekonomis.

Rayap dapat menyerupai bentuk yang lain. Saat musim penghujan tiba, rayap akan mencapai bentuknya yang bersayap dan keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong. Rayap bentuk ini sering disebut juga sebagai laron.

Untuk mengatasinya, ada beberapa tanaman yang bisa dirawat agar tidak ada rayap yang menetap di rumah. Tanaman-tanaman hias ini bisa jadi cara mengusir rayap secara alami.

Berikut ini enam tanaman hias yang bisa mengusir rayap dari rumah:

Nepeta cataria catnipCatnip, tanaman hias untuk mengusir rayap. Foto: commons wikimedia/Matt Lavin

1. Catnip

Dilansir laman Southern Perimeter, catnip adalah tanaman yang bisa mengusir serangga secara alami. Tentunya, tanaman hias catnip juga akan mengusir rayap dengan baik.

Ada banyak cara untuk menggunakan catnip dalam pengusiran rayap. Salah satunya adalah dengan menanam catnip di sekitar area yang terinfeksi rayap. Cara efektif lainnya adalah dengan mengoleskan minyak esensial beraroma catnip ke area yang terkena rayap.

2. Mint

Daun mint adalah salah satu pestisida alami yang bisa mengusir rayap. Bahkan permen dengan rasa mint pun memiliki aroma yang kuat. Dengan begitu, rayap tentu akan kewalahan menghadapinya.

Mint dapat digunakan untuk mengusir rayap secara efektif, dan bukan dari bahan kimia yang berbahaya. Kamu bisa menanam pohon mint di sekitar rumah untuk mendapatkan bantuan pengusiran rayap.

3. Rumput Vetiver

Vetiver adalah tanaman hias yang cocok dijadikan bahan sebagai pengusir rayap. Rumput vetiver memiliki kandungan senyawa kimia yang biasa disebut nootkatone. Senyawa ini mampu menangkal rayap serta berbagai macam hama lainnya secara alami.

Jika ingin dengan mudah mengusir rayap, kamu bisa tanam rumput vetiver di sekitar area rumah yang sudah dipenuhi rayap. Ketika ditanam, rayap akan segera pergi meninggalkan area itu.

KLIK DI SINI untuk mengetahui jenis tanaman hias lainnya yang bisa mengusir rayap.



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)