Tips Aman Pakai Air Diffuser Agar Lebih Bermanfaat Buat Kesehatan

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 19 Feb 2021 17:31 WIB
Woman Enjoying Aroma Therapy Steam Scent from Home Essential Oil Diffuser or Air Humidifier. Ultrasonic technology, increasing air humidity indoors for more comfortable living conditions Ilustrasi air diffuser (Foto: Getty Images/iStockphoto/microgen)
Jakarta -

Boleh dibilang, tren pemakaian air diffuser di rumah meningkat sejak pandemi COVID-19. Banyak orang yang mencarinya karena selain mengharumkan ruangan, air diffuser yang menggunakan essential oil minyak esensial juga berfungsi sebagai aroma terapi untuk merilekskan tubuh dan pikiran.

Untuk merasakan manfaat air diffuser secara maksimal, jangan sembarang asal menggunakannya. Menurut Richard, ahli aromaterapi bersertifikat dari Capsen Essential Oil, cara aman dimulai dari pemilihan air diffuser.

"Karena mayoritas diffuser untuk essential oil terbuat dari plastik, maka pilih diffuser yang berbahan dasar plastik yang food grade dan berbahan dasar BPA-free," katanya kepada Wolipop baru-baru ini.

Electric essential oil diffuser isolated on pink background.(Foto: Getty Images/iStockphoto/Denise Erickson)

Richard juga menegaskan perlunya mengetahui perbedaan antara air diffuser dan air humidifier. Dijelaskannya, humidifier memiliki fungsi utama melembabkan udara sehingga dilengkapi dengan tabung pipa kapas yang bukan untuk pemakaian dengan minyak esensial.

"Tabung pipa kapas ini malah akan menyumbat minyak esensial Anda sehingga minyak tidak dapat ter-diffuse sempurna," tambahnya.

Tips pemakaian air diffuser lainnya juga berkaitan dengan ukuran. Richard menganjurkan, pakai air diffuser yang kapasitas airnya kurang dari 500 ml demi memaksimalkan penguapan minyak esensial.

Woman Enjoying Aroma Therapy Steam Scent from Home Essential Oil Diffuser or Air Humidifier. Ultrasonic technology, increasing air humidity indoors for more comfortable living conditionsIlustrasi air diffuser (Foto: Getty Images/iStockphoto/microgen)

Penyimpanan minyak esensial sebagai salah satu kompenen penting air diffuser juga perlu mendapat perhatian khusus.

Richard mengatakan, penyimpanan minyak esensial relatif sederhana. Namun, perlu diketahui bahwa minyak jenis ini sangat rentan terhadap cahaya matahari dan suhu panas.

"Pastikan Anda menggunakan botol kaca berwarna gelap yang ditutup dengan kencang. Serta hindari dari sinar matahari dan suhu yang panas sehingga minyak tidak mengalami oksidasi," terangnya.

(dtg/dtg)