7 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Rumah yang Murah dan Ampuh

Hestianingsih - wolipop Minggu, 23 Feb 2020 15:12 WIB
negative feelings concept - portrait of amazed beautiful 20s girl covering her mouth for gag metaphor,studio shot on gray background Ilustrasi cara menghilangkan bau tak sedap di rumah. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Bau tak sedap di rumah biasanya timbul dari kondisi udara yang lembap, perabotan lama dan usang, pakaian kotor atau sampah rumah tangga. Jika dibiarkan bau tak sedap bisa mengganggu kenyamanan seisi rumah maupun tamu yang datang berkunjung.

Banyak cara menghilangkan bau tak sedap di rumah salah satunya dengan memakai produk pengharum ruangan atau lilin wangi. Tapi ada cara lebih hemat dan aman untuk mengusir aroma tak menyenangkan dari rumah.

Berikut ini tujuh cara menghilangkan bau tak sedap di rumah yang ampuh dan murah. Bahan-bahannya bisa ditemui di dapur atau isi kulkas kamu.

1. Oatmeal

Cara menghilangkan bau tak sedap di rumahCara menghilangkan bau tak sedap di rumah Foto: iStock



Cara menghilangkan bau tak sedap secara alami dan sederhana yang pertama adalah dengan oatmeal. Bau tak sedap biasanya datang dari sampah yang tak dibuang berhari-hari. Kamu bisa menghilangkan bau tak sedap di rumah dengan cara mengambil beberapa jumput oatmeal dan menaruhnya langsung ke tempat sampah. Oatmeal punya kemampuan menyerap yang baik, termasuk bau tidak sedap.

2. Pewangi atau Pelembut Pakaian

Pewangi pakaian tidak hanya berfungsi mengharumkan baju tapi juga ruangan. Cara menghilangkan bau tak sedap di rumah dengan cairan pewangi pakaian adalah menuangkan satu tutup takar ke air yang mendidih. Aroma dari pewangi pakaian akan menguap dan menyebar ke seluruh rumah.


3. Minyak Esensial

Cara menghilangkan bau tak sedap di rumahCara menghilangkan bau tak sedap di rumah Foto: iStock



Kamu juga bisa coba cara menghilangkan bau tak sedap di rumah a la milenial dengan minyak esensial. Jika tidak punya diffuser, bisa menuangkan 2-3 tetes minyak esensial ke air mendidih dan biarkan uapnya mengharumkan ruangan. Minyak esensial terbaik untuk menghilangkan bau tak sedap adalah citrus, peppermint atau eucalyptus.

4. Ekstrak Vanilla

Cara menghilangkan bau tak sedap di rumahCara menghilangkan bau tak sedap di rumah Foto: Istimewa



Ekstrak vanilla tidak hanya untuk menambah rasa pada kue tapi juga membantu menghilangkan bau tak sedap di rumah sekaligus memberi nuansa hangat dan manis. Teteskan beberapa ekstrak vanilla ke busa spons, lalu rendam spons dalam air hangat. Aroma vanilla yang manis akan langsung tercium ke ruangan.

5. Kulit Apel dan Batang Kayu Manis

Cara menghilangkan bau tak sedap di rumahCara menghilangkan bau tak sedap di rumah Foto: Foodbeast



Jika ingin cara yang lebih alami, menghilangkan bau tak sedap di rumah bisa dengan kulit apel dan kayu manis. Didihkan air yang sudah dimasukkan kulit apel dan batang kayu manis selama beberapa menit sampai tercium aroma segar sekaligus manis. Setelah itu matikan kompor dan biarkan uapnya menyebar.

6. Lemon

Cara menghilangkan bau tak sedap di rumahCara menghilangkan bau tak sedap di rumah Foto: iStock


Lemon cukup dikenal sebagai penyegar dan penghilang bau tak sedap alami karena kandungan citrus nya. Kamu bisa mencampurkan jus lemon ke air bersih dan gunakan untuk membersihkan kaca jendela, meja, kabinet dapur atau pinggiran wastafel cuci piring. Bisa juga dengan mendidihkan air dan kulit lemon selama beberapa menit.



7. Arang Aktif

Cara menghilangkan bau tak sedap di rumahCara menghilangkan bau tak sedap di rumah Foto: iStock



Kamu bisa membeli arang aktif di berbagai toko perkakas atau perlengkapan rumah tangga. Tempatkan arang aktif ke dalam kantong terbuat dari kain kanvas atau katun lalu tempatkan di area yang menjadi sumber bau. Seperti dikutip dari Brightside, arang aktif tidak hanya efektif menghilangkan bau tak sedap di rumah tapi juga membunuh bakteri dan allergen. Satu kantong arang aktif biasanya tahan hingga satu tahun.



Simak Video "Trik Jitu Rombak Rumah dengan Biaya Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/agm)