Ini 3 Tips Merawat Tanaman Hias Saat Musim Hujan

gaf - wolipop Minggu, 07 Feb 2021 08:00 WIB
Tanaman hias Tips merawat tanaman hias di musim hujan. Foto: Instagram @vanillahijau1.
Jakarta -

Saat ini sudah memasuki musim penghujan. Buat kamu yang memiliki tanaman hias di rumah, pastinya harus mempersiapkan diri agar tanaman hias tetap cantik dan rimbun saat musim hujan tiba. Bagaimana cara merawat tanaman hias saat musim hujan?

Air hujan memiliki kandungan unsur kimia yang lebih ramah lingkungan dan berbeda dengan air jaringan pipa atau air ledeng. Dikutip dari Indoor Plants for Beginner, pada air hujan terdapat kandungan oksigen lebih banyak dibanding air ledeng. Dengan begitu, paparan air hujan akan membuat tanaman hias bernafas lebih baik. Tanaman yang terpapar air hujan juga memiliki kemampuan menyerap karbondioksida lebih maksimal, sehingga proses fotosintesis bisa berlangsung lebih baik.

Namun tak sedikit juga pecinta tanaman hias yang cemas jika musim hujan tiba. Sebabnya ada yang menganggap jika air hujan bisa menimbulkan penyakit pada tanaman hias. Menjawab keresahan tersebut, Wolipop berbincang dengan Vera pemilik akun Instagram @vanillahijau1 yang populer sebagai kolektor tanaman hias sultan dan juga penjual tanaman hias lokal maupun ekspor. Ia memberikan tiga tips merawat tanaman hias saat musim hujan. Berikut penjelasannya :


1. Tanaman Varigata tidak boleh terkena air hujan

Tanaman hiasTanaman hias varigata. Foto: Instagram @vanillahijau1.

Menurut Vera, tanaman varigata tidak boleh terkena air hujan secara langsung. Karena tanaman varigata medianya terlalu basah dan bisa cepat membusuk akar dan daunnya. Selain itu, tanaman varigata biasa disiramnya sedikit air atau dua hari sekali.

"Kecuali pohonnya sudah sekitar 1-2 meter lebih gitu, sudah lebih tahan media basah karena batangnya juga pasti sudah besar. Jadi batangnya bisa menyimpan banyak air. Media tanam varigata tidak boleh basah banget sama sekali alias menggenang," ujar Vera.

2. Cacah tanaman hias

Tanaman hiasTanaman hias. Foto: Instagram @vanillahijau1


Tips merawat tanaman hias saat musim hujan, cacahlah tanaman hias untuk memperbanyaknya. Karena musim hujan udaranya lebih lembab dari musim panas, sehingga pada cuaca ini sangat tepat untuk melakukan mencacah tanaman hias.

Menurut Vera, tanaman hias suka udara lembab. Jadi cepat tumbuh akar baru dan cepat bertunas tanaman yang kita cacah. Saat sudah tumbuh tunas ini bisa menambah koleksi tanaman hiasmu meskipun jenisnya sama.

"Tanaman hias jenis yang sama tapi ada beberapa pot itu kalau dipajang lebih bagus terlihatnya," ujar Vera.

3. Pakai lampu UV

Tanaman hiasTanaman hiasvarigata. Foto: Instagram @vanillahijau1,


Selajutnya cara merawat tanaman hias saat musim hujan adalah jika kamu mempunyai tanaman hias di teras, yang tidak terkena cukup cahaya matahari karena banyak hujan berhari-hari, kamu bisa memberikan cahaya alternatif ke tanaman hias. Caranya dengan menyinarinya memakai grow light atau disebut juga lampu UV.

Kamu juga bisa memanfaatkan standing lamp, yang bohlamnya berupa grow light.

"Tinggal kamu pindah-pindahkan ke tanaman yang kekurangan matahari secara bergantian. Karena musim hujan, asupan sinar matahari untuk tanaman hiasnya tidak cukup. Akan tetapi, jika belum terkena sinar matahari selama 1-2 hari, tidak usah kamu pakai grow light ya," saran Vera.

Selain ketiga tips tersebut, Vera juga memberikan saran untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, dia selalu memakai air pam atau air sumur untuk irigasi di green house miliknya. Dan juga ada beberapa tanaman hias yang sengaja ia letakkan di luar, agar bisa terkena air hujan secara langsung, tergantung karakter tanaman hias tersebut.

Bagaimana mudah kan cara merawat tanaman hias saat musim hujan? Selamat mencoba.

(gaf/eny)