Ini 10 Jenis Tanaman Hias Varigata yang Paling Banyak Dicari Kolektor

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 30 Jan 2021 14:00 WIB
Monstera Adansonii Varigata. Monstera varigata. Foto: Getty Images/iStockphoto/Crystal Bolin Photography.
Jakarta -

Tanaman hias varigata atau dalam bahasa Inggris variegated merupakan tanaman yang mempunyai daun berbeda dengan warna yang aslinya. Daun yang umumnya hijau, malah tumbuh dengan warna gradasi putih, kuning, merah jambu, dan merah.

Warna daun tanaman hias varigata tersebut bisa terbentuk alami atau dibudidayakan melalui proses pencangkokan atau stek. Dan juga bisa dengan cara mutasi (perubahan genetik) atau proses radiasi matahari. Cara tersebut membutuhkan perawatan ekstra dan kesabaran demi bisa menghasilkan jenis tanaman hias varigata yang diinginkan.

Mempunyai perpaduan warna yang unik, membuat harga tanaman hias varigata juga lebih mahal dibandingkan dengan tanaman hias asalnya. Tak heran kolektor tanaman hias banyak memburu tanaman hias varigata. Lalu apa saja jenis tanaman hias varigata?

Wolipop berbincang dengan penjual tanaman hias Ekawati di akun Instagram @airy_garden_official untuk mengetahui jawabannya. Ia merinci tanaman hias varigata yang banyak diburu oleh para pecinta tanaman.

Berikut daftar tanaman hias varigata yang paling banyak dicari:

1. Monstera Adansonii Varigata

Monstera Adansonii Varigata.Monstera Adansonii Varigata. Foto: Dok. Instagram @plantocholic.


Kamu pasti sudah tak asing dengan tanaman hias ini. Monstera adansonii varigata mempunyai bentuk yang unik, karena memiliki lubang yang terbentuk secara alami. Tanaman hias varigata ini harganya relatif mahal karena keunikan warnanya. Dan harga tanaman hias ini dihitung dari per lembar daunnya.

2. Monstera Deliciosa Varigata

Monstera Deliciosa Varigata.Monstera Deliciosa Varigata. Foto: Dok. Instagram @nyonyadestira.


Jenis monstera ini menjadi tanaman hias paling populer yang harganya masih bisa terjangkau dan tergantung ukurannya. Bentuknya yang estetik, buat kamu betah memilikinya. Tak lengkap rasanya jika plant lovers tidak punya koleksi monstera deliciosa variegata.

3. Syngonium Varigata

Tanaman hias Syngonium Varigata.Tanaman hias Syngonium Varigata. Foto: Dok. Instagram @nyonyadestira.


Tanaman hias varigata selanjutnya ada Syngonium Varigata. Tanaman hias yang populer di tahun 2020 ini sebelum pandemi harganya masih sekitar Rp 50 ribu, untuk jenis varigata putih. Tapi sejak pandemi berlangsung, harganya langsung meroket hingga sekitar Rp 100 ribu untuk harga termurahnya.

4. Alocasia Varigata (Sente Varigata)

Alocasia Varigata.Alocasia Varigata. Foto: Dok. Instagram @calamyplant.


Sente varigata juga termasuk tanaman hias varigata populer dan laris di pasaran. Bentuknya yang indah dengan corak yang menawan menjadi daya tariknya. Biasa dijual di pasaran dengan ukuran anakan dengan harga sekitar Rp 75-100 ribu.

5. Philodendron Sodiroi Varigata

Philodendron Sodiroi Varigata.Philodendron Sodiroi Varigata. Foto: Dok. Instagram @leafgarden_bali.


Jenis philodendron ini juga termasuk tanaman hias varigata yang populer di 2020 kemarin. Walaupun harganya relatif tinggi bahkan untuk ukuran kecil, tapi Philodendron Sodiroi Varigata ini banyak sekali dicari para kolektor tanaman hias terutama kolektor jenis philodendron.

6. Syngonium Mojito

Syngonium Mojito.Syngonium Mojito. Foto: Dok. Instagram @nyonyadestira.


Perpaduan warna hijau dan putih, menjadikan tanaman hias varigata ini memiliki daya tarik sendiri. Syngonium mojito begitu populer semenjak pandemi dan berimbas ke harga jualnya. Harga minimal Rp 100 ribu sepertinya sudah jadi standar harga pasaran mojito pada saat ini.

7. Colocasia Lime Gecko

Colocasia Lime Gecko.Colocasia Lime Gecko. Foto: Dok. Instagram @nyonyadestira.


Colocasia juga turut naik pamornya sejak pandemi. Terutama jenis yang daunnya varigata seperti Lime Gecko. Sejak dulu, Lime Gecko menjadi salah satu jenis colocasia premium, terlebih pada masa pandemi ini. Walau harga melambung tinggi, Colocasia Lime Gecko semakin banyak dicari oleh para pecinta tanaman.

8. Waru Varigata

Waru Varigata.Waru Varigata. Foto: Dok. Instagram @adt.plantstation.


Awalnya Waru Varigata menjadi tanaman hias varigata kelas menengah ke bawah. Akan tetapi sejak pandemi harganya pun ikutan meroket. Corak cantiknya memang indah dan pantas untuk dihargai secara layak.

9. Zamia Varigata

Zamia Varigata.Zamia Varigata. Foto: Dok. Instagram @hj.indahkusumawaty.


Zamia Varigata dengan daun hijau corak kuning, termasuk jenis premium dari golongan Zamia. Harga tanaman hias varigata ini terbilang relatif tinggi dari sejak sebelum pandemi. Tanaman ini cocok dijadikan hiasan di rumah dan mudah untuk dirawat.

10. Homalomena Varigata

Tanaman hias Homalomena VarigataTanaman hias Homalomena Varigata Foto: Instagram @airy_garden_official


Homalomena Varigata makin naik daun di tahun ini dengan dibanderol harga tinggi, setara monstera variegata. Kepopulerannya sudah dimulai di 2020, sejak para kolektor papan atas mengenalkan koleksi tanaman hias varigata mereka masing-masing.

Itulah tadi tanaman hias varigata yang paling banyak diburu. Tanaman hias mana yang menjadi favorit kamu?

(gaf/eny)