7 Jenis Tanaman Hias Anthurium Bunga, Cantik Berwarna-warni

Tim Haibunda - wolipop Selasa, 02 Feb 2021 22:00 WIB
Anthurium bunga. Anthurium bunga. Foto: Getty Images/iStockphoto/Pinit Homsakmongkol
Jakarta -

Berniat mempercantik rumah dengan tanaman hias Anthurium bunga? Sebelum memutuskan memelihara tanaman ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan baik karakter maupun jenis-jenisnya.

Menurut buku Seri Agrihobi Anthurium karya Sugiono Budhiprawira dan Desi Sarawati, Anthurium bunga memiliki daun relatif kecil serta bentuk dan warna seludang atraktif. Bentuk seludangnya mirip jantung dengan ukuran kecil hingga besar.

Warnanya pun beragam, tergantung jenisnya. Sedikitnya ada tujuh jenis tanaman hias Anthurium bunga yang bisa kamu pilih sesuai dekorasi rumah.

1. Anthurium adreanum

Seludang bunga jenis ini bergelombang, bentuknya jantung dengan ujung meruncing. Seludangnya berwarna merah sampai merah oranye dengan bagian pangkal warna hijau.

2. Anthurium scherzerianum

Tanaman yang mirip paruh burung flamingo ini memiliki seludang bunga berbentuk jantung agak memanjang dan melengkung ke bawah. Sehingga disebut juga sebagai flamingo flower.

Tongkolnya memanjang dan meliuk-liuk. Warna seludangnya pun bervariasi, ada yang merah, putih, putih berbintik merah dengan warna tongkol bermacam-macam.

3. Anthurium fantasia

Varietas ini memiliki bunga dan spadiks berwarna putih bersih. Ujung spadiks berwarna kuning cerah. Bunganya berukuran agak kecil sehingga tampak cantik bila diletakkan di dalam ruangan sebagai pot plant.

Untuk mengetahui jenis tanaman hias Anthurium bunga lainnya, bisa simak dengan klik DI SINI.

(hst/hst)