8 Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur dan Tak Layu

Puti Yasmin - wolipop Jumat, 22 Jan 2021 05:30 WIB
Tanaman hias monstera Foto: Getty Images/MmeEmil/8 Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur dan Tak Layu
Jakarta -

Salah satu hobi yang banyak dilakukan orang saat ini adalah mengoleksi tanaman hias baik di dalam ruangan maupun outdoor. Untuk menjaganya, ada cara merawat tanaman hias yang benar lho.

Tak hanya dipajang, merawat tanaman hias memiliki manfaat bagi tubuh, yakni mendapatkan sirkulasi udara yang baik, meredakan stres, hingga memperkuat daya tahan tubuh.

Adapun, beberapa tanaman hias yang banyak dikoleksi saat ini adalah Sirih Gading, Monstera, Aglonema, Keladi, hingga Asparagus.

Cara Merawat Tanaman Hias:

  • 1. Suhu

Tanaman hias memerlukan suhu yang stabil agar tumbuh subur. Tumbuhan justru akan layu bila berada di suhu yang ekstrem, misalnya terlalu dingin atau terlalu panas.

Untuk itu, pastikan suhu di sekitar tanaman hias jangan terlalu panas maupun terlalu dingin. Bila berada di dalam ruangan jangan letakkan dekat AC maupun penghangat.

  • 2. Cahaya

Kebutuhan cahaya tiap tanaman hias berbeda-beda. Namun, cara merawat tanaman hias dalam ruangan pastikan cahaya sinar matahari tersebut tidak langsung mengenai tanaman.

Upayakan beri tirai pada cahaya yang masuk tersebut. Sehingga tanaman hias tidak layu terkena sinar matahari.

  • 3. Air

Tanaman hias tidak membutuhkan banyak air. Pastikan untuk memberikan air secukupnya karena bila tidak akar tanaman bisa membusuk dan menyebabkan tanaman mati.

Sesuaikan juga jadwal penyiraman dengan kondisi musim. Sebelum menyiram, detikers juga bisa melakukan pengecekan tanah pada pot tanaman untuk mengetahui butuh atau tidaknya air.

  • 4. Kelembapan

Selain suhu, tanaman hias juga membutuhkan kelembapan yang tinggi untuk berkambang biak. Hal itu agar memastikan tanaman hias bisa tumbuh subur dan tak cepat layu.

  • 5. Pupuk

Cara merawat tanaman hias yang lain adalah dengan memastikan tumbuhan diberikan pupuk. Mengganti tanah dan pupuk bisa membuat tanaman tumbuh subur karena memiliki nutrisi yang bagus.

  • 6. Drainase

Drainase menjadi bagian penting dalam tumbuh kembang tanaman hias. Pastikan adanya lubang di bagian bawah pot agar air tidak berdiam di dalam pot terlalu lama dan menyebabkan akar rusak.

  • 7. Repotting

Repotting dikenal juga sebagai mengganti tanah dalam pot dengan yang baru. Kegiatan ini memiliki manfaat yang baik sebagai cara merawat tanaman hias agar subur.

Selain dengan mengganti tanah yang baru, tanaman juga bisa mendapatkan pot yang berukuran lebih besar atau sesuai dengan ukurannya. Dengan begitu, mereka bisa berkembang biak lagi.

  • 8. Perhatian

Cara merawat tanaman hias yang terakhir adalah memberikan perhatian. Dengan memiliki kedekatan dengan tanaman sebagai mahluk hidup, seseorang akan tahu kapan waktunya tanaman air, atau cahaya dan suhu.

Selamat mencoba!



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)