Tips Agar Daun Tanaman Hias Mengkilap dan Bersih dengan Bahan Alami

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 04 Jan 2021 19:00 WIB
Cara agar daun tanaman hias bisa mengkilap dan sehat Tips agar daun tanaman hias bisa mengkilap dengan bahan alami. Foto: Instagram @kebunwuri.
Jakarta -

Ketika kamu sudah mempunyai beberapa koleksi tanaman hias, tentunya kamu ingin tanaman hias kamu tumbuh subur dan cantik. Bagaimana agar daun tanaman hias mengkilap?

Memiliki daun tanaman hias yang mengkilap menurut penjual tanaman hias Wuri Setyaningsih bisa mendatangkan kepuasaan tersendiri. "Lebih ke estetika daun jadi lebih bagus dan terlihat segar, kalau aku pribadi mengelap daun sekaligus memeriksa satu persatu kondisi daun serta tanaman dari hama kutu putih dan lainnya," kata Wuri kepada Wolipop.

Buat kamu yang ingin daun tanaman hiasnya mengkilap, bersih dan kinclong, kamu bisa memakai bahan alami. Pemakaian bahan alami ini tujuannya agar tidak merusak batang, daun dan akar.

Bagaimana caranya? Wuri Setyaningsih yang merupakan pemilik akun Instagram @kebunwuri memberikan tips agar daun tanaman hias mengkilap dan bersih dengan bahan alami.

Tips Agar Daun Tanaman Hias Mengkilap Pakai Santan Kelapa

Santan Bisa Memberi Rasa Gurih Alami Pada Masakan dan KueSantan kelapa bisa membuat daun mengkilap secara alami. Foto: iStock.

Kamu bisa menggunakan santan kelapa agar daun tanaman hias bersih dan kinclong. Menurut Wuri, kamu juga bisa memakai serat atau ampas santan kelapa untuk membersihkan daun pada tanaman hias. Caranya tuangkan santan kelapa ditambah sedikit air (air sekitar 20%) ke dalam botol.

Cara mengaplikasikannya :

Ambil kapas secukupnya, lalu basahi dengan campuran santan kelapa dan air. Kemudian oles-oleskan kapas ke daun tanaman hias dengan perlahan. Dan usahakan tidak terlalu keras, agar tidak merobak daunnya.

Cara agar daun tanaman hias bisa mengkilap dan sehatHasil daun tanaman hias bisa mengkilap dan sehat. Foto: Instagram @kebunwuri.

Tips Agar Daun Tanaman Hias Mengkilap Pakai Baby Oil atau Minyak Goreng

Baby girl little hands holding transparent plastic bottle of oil on light pink table background. Pastel color. Care about soft body skin. Closeup. Point of view shot. Top down view.Baby oil yang bisa membuat daun tanaman hias bisa mengkilap. Foto: Getty Images/iStockphoto/FotoDuets.

Selain memakai santai kelapa, agar daun pada tanaman hias mengkilap, kamu bisa memakai baby oil atau minyak goreng. Baby oil dan minyak ini tidak perlu dicampur dengan air. Takarannya disesuaikan dengan jumlah daun yang akan dibersihkan.

Cara mengaplikasikannya :

Gunakan kapas untuk mengelap daun dengan baby oil atau minyak goreng. Oleskan kapas tersebut ke daun tanaman hias dengan perlahan.

Itulah dua bahan alami yang bisa digunakan agar daun tanaman hias mengkilap, bersih dan kinclong. Selamat mencoba.

(gaf/eny)