Arsitek Ungkap Tren Interior Rumah 2021, Ruang Fungsional dan Warna Hangat

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 19 Des 2020 08:00 WIB
Tren Warna 2021 Dulux Foto: Dok. Dulux
Jakarta -

Menyambut tahun 2021, banyak orang ingin memulai hidup baru dengan menata ulang interior rumah. Kamu yang mungkin butuh inspirasi bisa menilik tren yang diprediksi pakar akan booming tahun depan. Arsitek dan desainer interior pun meramalkan jika warna-warna hangat dan ruang yang fungsional lebih dikedepankan. Hal ini pun dipengaruhi oleh pandemi Corona.

Pandemi Corona ikut mempengaruhi tren interior rumah. Semenjak tidak banyak bepergian, orang mulai hobi memperbarui tampilan furnitur hingga mengoleksi tanaman. Arsitek Riri Yakub pun mengatakan jika kini orang cenderung menyukai hunian yang personal dan fungsional dikarenakan semua aktivitas dilakukan di dalam. Selain itu, suasana yang terbuka dan dekat alam juga ingin dihadirkan.

Tren Warna 2021 DuluxTren Warna 2021 Dulux Foto: Dok. Dulux

"Sekarang orang ingin suasana orang rumah yang terbuka supaya dekat dengan alam dan membangkitkan hasrat untuk hidup sehat. Sekarang orang lebih ingin kesan nature dalam ruangan," ungkapnya dalam acara perilisan Dulux Color of The Year 2021, Brave Ground beberapa waktu lalu.

Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya tren tanaman hias belakangan. Tampaknya banyak orang ingin menambahkan kesan segar dan alam dalam hunian karena tidak bisa menikmatinya secara bebas. Lebih banyak waktu di rumah juga membuat banyak orang tidak ingin macam-macam dalam hal penataan hingga warna cat dinding.

"Sekarang orang ingin lebih sederhana dan nggak neko-neko, kalau ngomong soal warna, warna hangat netral dan natural akan jadi tren untuk memberikan suasana hangat. Di 2020 kan penuh tantangan dan sentral kegiatan ada di rumah. Jadi semakin butuh warna untuk menginspirasi dan menyemangati dalam menghadapi tantangan dan perubahan. Warna alam seperti cokelat dan turunannya bisa mengoneksikan kita dengan hal-hal yang sederhana," kata Riri.

Tren Warna 2021 DuluxTren Warna 2021 Dulux Foto: Dok. Dulux

Lalu bagaimana mengakali agar ruang di rumah yang punya banyak fungsi tetap membuat kita terkoneksi bahkan menginspirasi? Riri pun memberikan sarannya. Agar kita tidak jenuh menggunakan satu ruangan untuk beberapa aktivitas, permainan warna bisa diterapkan. Misalnya dalam satu kamar buatlah sebuah pojok sendiri untuk bekerja dengan warna cat yang berbeda.

"Supaya bisa istirahat tapi tetap bergairah untuk bekerja, kamar bisa dibuat dengan gradasi warna atau warna kontras sebagai aksen di ruangan. Misalnya di ruang tidur didominasi warna netral yang tenang dan santai tapi di satu sudut untuk bekerja ada warna kontras sehingga bisa membuat semangat dan produktif," ujarnya.

(ami/ami)